spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    KIM Kota Banjar Dituntun Sebarluaskan Informasi Kebijakan Pemerintah

    BANJAR,FOKUSJabar.idDinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Banjar mendorong masyarakat mandapatkan informasi yang faktual yang berkaitan dengan kebijakan pemerintah untuk kemudian sebarluaskan melalui Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

    Kepala Diskominfo Kota Banjar Wawan Gunawan mengatakan, langkah awal KIM Kota Banjar untuk lebih meningkatkan perannya dalam penyebarluasan informasi tentang program kebijakan desa dan menggali potensi yang ada di desanya masing-masing.

    “Kami harap dengan adanya kegiatan ini peran KIM lebih meningkat,” kata dia dalam acara Pembinaan KIM Rabu (17/11/2021).

    Dia mengakatan, sesuai dengan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 8 Tahun 2019 disebutkan bahwa Diskominfo melaksanakan kemitraan dengan pemangku kepentingan  salah satunya dengan Kelompok KIM

    BACA JUGA: bank bjb Launching Layanan e-retribusi Pasar Melalui QRIS di Cimahi

    Kepala Seksi Penyelenggaraan Komunikasi Publik Diskominfo Kabupaten Bandung, Adhie Nur Indra menyampaikan, KIM dibentuk oleh, dari, dan untuk masyarakat, sehingga merekalah yang nantinya akan berperan sebagai agen, yang menyebarkan informasi kepada masyarakat. Nantinya KIM ini bisa berkoordinasi dengan desa, supaya segala informasi dapat diterima oleh pihak desa baik, selanjutnya bisa disebarkan kepada masyarakat.

    “Jadi KIM ini akan membantu desa dan kelurahan, untuk menyebarkan informasi pemerintahan dan informasi lainnya, kepada masyarakat,” katanya.

    Dikatakan, peran KIM bisa sebagai humas Pemerintah Desa dan bisa diperluas lagi supaya memiliki nilai tambah, yaitu bisa ditingkatkan pemberdayaannya. Misalnya dengan membentuk kelompok usaha, sehingga dimasa mendatang dapat berperan untuk pemberdayaan ekonomi anggotanya dengan memanfaatkan media online atau media sosial agar lebih bisa menggali dan mempromosikan potensi yang ada di desanya masing-masing.

    BACA JUGA: Ini Tujuan Operasi Zebra Lodaya 2021 Kota Banjar

    “Pada akhirnya, KIM juga berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di masing-masing desa dan kelurahan tersebut,” katanya.

    (Agus/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img