spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Disperidag Targetkan Digitalisasi 270 Pasar Di Jawa Barat

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sebanyak 270 pasar di Jawa Barat ditargetkan untuk melakukan digitalisasi untuk meningkatkan pangsa pasar di era digital saat ini yang memang di era pandemi tidak bisa face to face, menuju pasar Juara.

    Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat Moh Arifin Soedjayana mengatakan upaya mengakselerasi digitalisasi pasar ini bekerjasama dengan Bank Indonesia. Dari jumlah pasar yang ada di Jabar mencapai 1.315 pasar namun, pasar yang sudah digital jumlahnya masih minim.

    “Pasar milik Pemda dan desa akan diupayakan jadi pasar digital. Minimal pasar Pemda dulu yang ada di 27 kabupaten/kota. Jadi, kami menargetkan ada 10 pasar di kali 27 kabupaten/kota. Totalnya, ada 270 pasar digital pada tahun 2023,” katanya di Bandung, Selasa (16/11/2021).

    Disperindag Jabar sendiri sampai saat ini terus mendorong semua pasar milik Pemda agar bisa digital. Salah satu upaya yang dilakukan, setiap meresmikan pasar digital, pihaknya selalu mengikutsertakan pengelola pasar yang ada di Jabar lewat aplikasi zoom agar termotivasi.

    BACA JUGA: Kunjungi Agate, Moeldoko Sebut Pemerintah Siap Dukung Perkembangan Game Esport

    “Di 27 kota/kabupaten belum semua ada pasar digital. Karena baru di dua daerah. Yakni, Purwakarta dan Cimahi yang sudah ada pasar digitalnya,” katanya.

    Dalam program pasar digital Disperindag Jabar, hanya memfasilitasi saja. Pemprov Jabar berkolaborasi dengan Bank Indonesia dan perbankan sesuai visi Jabar berinovasi.

    “Ini berawal dari SNI 8152/2021 yang mengharuskan pasar rakyat digitalisasi. Targetnya ke depan ingin semua pasar yang ada di Jabar ini ber SNI dan juga digital. Apalagi pandemi ini semua tak bisa face to face tapi melalui digital,” kata dia.

    Gubernur Jabar Ridwan Kamil memaparkan program unggulan untuk sektor industri dan perdagangan adalah pasar juara, logistik juara dan industri juara. Dalam perwujudan pasar juara, Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah melaksanakan berbagai kegiatan prioritas yaitu pengembangan keahlian kepada para pengelola dan pedagang pasar.

    Kemudian revitalisasi pasar rakyat di kabupaten/kota, sertifikasi pasar rakyat ber-SNI, pengelola ISO, pembangunan pusat distribusi provinsi serta integrasi unggulan Jawa Barat. “Berbagai upaya yang dilakukan ini diharapkan pada tahun 2023 tercapainya program pasar juara dan logistik juara,” katanya.

    Program pasar juara merupakan rangkaian kegiatan untuk mewujudkan pasar yang ber standar nasional indonesia (SNI) 8152:2021, yaitu pasar rakyat yang mengutamakan faktor kebersihan, kesehatan, keamanan dan kenyamanan bagi pedagang maupun konsumen.

    “Dengan adanya launching digitalisasi pasar rakyat ini diharapkan adanya peningkatan pelayanan pemanfaatan inovasi dan teknologi di seluruh pasar rakyat jawa barat serta bukti nyata sinergitas pemerintah, perbankan dan masyarakat guna terciptanya ekosistem ketahanan ekonomi di pasar rakyat Jawa Barat,” kata dia.

    Sampai dengan tahun 2020 di Provinsi Jawa Barat telah terdapat 3 pasar yang ber-SNI yaitu Pasar Atas Kota Cimahi, Pasar Cipanas Kabupaten Cianjur dan Pasar Gunung Sari Kota Cirebon. Tahun 2021 dalam proses pendampingan menuju pasar rakyat ber SNI 8152:2021 yaitu Pasar Cisalak Kota Depok Dan Pasar Gunung Batu Kota Bogor.

    BACA JUGA: Wagub Jawa Barat Tanam 5.000 Bibit Pohon di Kawasan Puncak Bogor

    (Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img