spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Distribusi Vaksin COVID-19 Sudah 252 Juta Dosis

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Bio Farma telah melakukan beberapa upaya menanggulangi COVID-19 yang sudah hampir 2 tahun berlangsung.Demikian disampaikan Direktur Utama Honesti Basyir.

    Dia mengatakan bahwa sebagai induk Holding BUMN Farmasi, Bio Farma telah melakukan beberapa upaya menanggulangi COVID-19 yang sudah hampir dua tahun berlangsung.

    Seperti diketahui, Bio Farma mendapatkan penugasan untuk penyediaan vaksin COVID-19 untuk 208 juta masyarakat Indonesia.

    Jumlah ini akan bertambah seiring telah dikeluarkannya izin penggunaan darurat (EUA) penggunaan vaksin COVID-19 dari Badan POM untuk anak – anak usia 6 -11 tahun pada awal November 2021.

    covid-19
    Vaksin Covid-19 dari Sinovac, Coronavac dan Covid-19 Bio Farma yang diproduksli di Bio Farma resmi dapat Izin Penggunaan Darurat (EUA) untuk anak usia 6-11 tahun (foto IST)

    BACA JUGA: Monumen COVID-19 Jadi Simbol Perjuangan Para Nakes yang Gugur

    Sampai tanggal 9 November 2021, kata dia, Indonesia sudah mengamankan 306 juta dosis, baik dalam bentuk bulk maupun finish produk.

    Vaksin-vaksin ini, didapatkan dari bilateral antara Bio Farma dengan mitra penyedia vaksin, antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah negara sahabat (hibah) seperti dari Australia, Jepang, Amerika, maupun secara multilateral melalui Covax Facility.

    Untuk vaksin yang sudah terdistribusi dari Bio Farma ke seluruh provinsi di Indonesia, kata Honesti, per tanggal 4 November 2021 sudah 233,4 juta dosis.

    Ada juga beberapa vaksin yang memang didistribusikan langsung dari pengembang vaksin dengan pemerintah. Vaksin itu, seperti Pfizer yang suply agreementnya langsung antara pfizer global dengan Kementerian Kesehatan RI.

    “Per tanggal 4 November 2021, total vaksin COVID-19 yang terdistribusi ada 252 juta dosis. Itu termasuk yang didistribusikan oleh Bio Farma dan Pfizer global ke provinsi di Indonesia,” kata Honesti.

    (Solihin)

    Berita Terbaru

    spot_img