spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Bersama OJK, bank bjb Gelar Puncak BIK 2021

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Mewujudkan inklusi keuangan di masyarakat menjadi salah satu fokus bank bjb dalam menjalankan roda bisnis perusahaan. Bahkan, berbagai program dan kolaborasi dengan sejumlah pihak pun dilakukan guna meningkatkan inklusi keuangan.

    Iklusi keuangan adalah sebuah kondisi dimana setiap anggota masyarakat memiliki akses terhadap berbagai layanan keuangan formal yang berkualitas. Layanan keuangan yang inklusif dapat diakses dengan biaya terjangkau sesuai kebutuhan dan kemampuan masing-masing.

    Adapun kelompok masyarakat yang diprioritaskan mendapat akses keuangan, antara lain, Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) atau keluarga pra sejahtera, pelaku UMKM, pekerja migran, wanita, disabilitas, anak terlantar, lansia, penduduk daerah tertinggal, hingga pelajar dan pemuda.

    fokusjabar.id bank bjb
    Dirut bjb Yuddy Renaldi menerima penghargaan dari OJK (foto IST)

    Sebagai salah satu bentuk konkret dukungan terhadap literasi dan inklusi keuangan nasional, bank bjb menyelenggarakan rangkaian event Bulan Inklusi Keuangan (BIK) tahun 2021 mulai dari literasi program DPLK kepada peternak sapi milenial, business matching, webinar, talkshow, digitalisasi akses keuangan desa, Sekolah Pasar Modal, hingga mendukung program vaksinasi sekaligus pembukaan rekening massal pelajar.

    BACA JUGA: bank bjb Luncurkan Berbagai Inovasi Baru

    Acara puncak BIK 2021 bank bjb bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 2 Jawa Barat digelar di Saung Angklung Udjo, Kota Bandung pada Selasa (9/11/2021).

    Dengan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat, acara yang diisi talkshow bertajuk ‘Investasi Bijak Sejak Dini’ dari bank bjb, serta sesi success story oleh CEO PT Zentama Global Indonesia Ragil Raditia Harjana dan Creative Director BOOLAO Roman Nuansa dihadiri perwakilan pelajar dari SMAN 23 Bandung dan mahasiswa STIE Ekuitas Bandung baik secara langsung maupun online (zoom).

    Acara yang diisi hiburan interaktif angklung serta penampilan musik dari Java Jive dan Mely Mono itu digelar untuk meningkatkan pemahaman dan awareness masyarakat terhadap produk dan layanan jasa keuangan.

    Dalam acara tersebut pun, para tenant UMKM turut menjajakan produknya dimana para pengunjung yang hadir bisa bertransaksi menggunakan aplikasi DigiCash by bank bjb untuk berbelanja selama acara berlangsung.

    Anugerah OJK

    Selain BIK, digelar juga malam penganugerahan dari OJK terhadap pihak-pihak yang dinilai berhasil membangun ekosistem keuangan yang baik serta mendukung akselerasi literasi keuangan di kalangan masyarakat.

    Dalam kesempatan itu bank bjb meraih penghargaan sebagai ‘Institusi Perbankan yang Mendukung Percepatan Literasi dan Inklusi Keuangan di Jawa Barat’. Penghargaan yang diserahkan Kepala OJK KR 2 Jabar Indarto Budiwinoto itu diterima langsung oleh Dirut bank bjb Yuddy Renaldi beserta jajaran Direksi bank bjb.

    Dirut bank bjb Yuddy Renaldi berharap acara puncak BIK 2021 bisa mengakselerasi terwujudnya inklusi keuangan di masyarakat, sehingga masyarakat bisa mengakses layanan keuangan dengan mudah dan aman.

    “bank bjb senantiasa berkomitmen menghadirkan berbagai inovasi untuk mempermudah akses layanan keuangan bagi seluruh kalangan masyarakat. Akses yang mudah terhadap layanan keuangan dapat menjadi peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidupnya,” kata Yuddy.

    Berikut kategori peraih penghargaan di malam anugerah OJK:

    Bupati Bandung Dadang Supriatna sebagai ‘Tokoh yang Mendukung Percepatan Inklusi Keuangan Melalui Program Satu Rekening Satu Pelajar.

    Bunda Literasi Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya Kamil sebagai Tokoh Penggerak Literasi Keuangan di Jawa Barat.

    Unpar Bandung sebagai Perguruan Tinggi yang Mendukung Program Literasi Keuangan.

    PT BPR Subang Gemi Nastiti sebagai BPR yang telah mendukung Percepatan Literasi dan Inklusi Keuangan di Jawa Barat.

    PT Agro Investama sebagai Pelaku Usaha yang Mendukung Akselerasi Keuangan Melalui Penyaluran KUR Klaster Budidaya Domba.

    CV Cemerlang Jaya Makmur sebagai Petani Milenial yang Mendukung Peningkatan Akses Keuangan Melalui Klaster Pemberdayaan Budidaya Sapi Potong.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img