spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    ‘Ulin Kabapa’ Banjar Mulai Didatangi Wisatawan Luar Daerah

    BANJAR,FOKUSJabar.id: Tempat wisata Ulin Kabapa (Karangtaruna Balokang) Patrol di Desa Jajawar, Kota Banjar mulai didatangi oleh wisatawan luar daerah. Jum’at (5/11/2021).

    “Kami dari Sekolah SBS Young Entreprenerur Scool Kota Bekasi sedang melakukan kegiatan alam disini,”ungkap Kepala Sekolah SBS Young Bekasi, Lia saat ditemui di lokasi Ulin Kabapa.

    Lia mengatakan kegiatan alam ini diikuti oleh 47 peserta diantaranya kelas 1 sampai kelas 3 SMP tingkat SMP.

    “Ada juga peserta dari tingkat 1 SMA nya,”katanya.

    Dalam kegiatan ini lanjut Lia mengatakan para peserta mengikuti permainan air yakni River Tubing.

    BACA JUGA: Di Banjarsari Bangunan Pesantren dan 1 Rumah Warga Ambruk karena Hujan

    “Peserta sekolah alam ini tadi mencoba permainan air yang tersedia di wahana ini,”paparnya.

    “Dan itu menyenangkan sekali ditambah memberikan sebuah pengalaman buat mereka mengenali alam,”sambungnya menambahkan.

    Ditempat terpisah, Pengelola Ulin Kabapa, Ado mengatakan saat ini tempat yang dikelolanya kembali banyak di kunjungi wisatawan.

    “Alhamdulillah, saat ini wisatawan lokal Banjar atau wisatawan luar Banjar seperti saat ini sudah mulai berdatangan lagi,”ujarnya.

    Sebelumnya wisata Ulin Kabapa dikatakan Ado sempat mati suri akibat terdampak pandemi Covid-19.

    “Namun setelah Banjar ada di PPKM Level 1, Ulin Kabapa kembali didatangi wisatawan,”kata dia.

    Dia berharap pandemi ini segera berakhir agar tempat wisata yang ada di Kota Banjar khususnya di Ulin Kabapa kembali banyak dikunjungi wisatawan.

    “Harapannya ya covid-19 berlalu, sekarang kita patuhi dulu aturan pemerintah untuk di vaksin dan memakai prokes, agar kehidupan kembali normal dan bisa berlibur lagi ke tempat wisata, ya seperti ke Ulin Kabapa ini,”tuturnya.

    Selain itu, Ado menjelaskan bahwa saat ini Ulin Kabapa didukung penuh oleh Pemerintah, khususnya dalam pendampingan wisatawan yang mengikuti permainan air.

    “Wisatawan dari Bekasi ini juga dipantau dan didampingi oleh pihak Pemerintah yakni BPBD dan PMI, jadi keselamatan wisatawan disini juga sangat diperhatikan,”tuturnya.

    Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar, Kusnadi membenarkan terkait adanya pendampingan pada wisatawan di Ulin Kabapa.

    Fokusjabar.id Banjar
    Kepala BPBD Kota Banjar, Kusnadi. (Foto: Budiana)

    Dia mengatakan pengawasan dan pendampingan ini dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti yang terjadi di Kabupaten Ciamis.

    “Jadi jangan sampai ada kejadian seperti yang di Ciamis itu, 11 Siswa meninggal tenggelam di sungai. Maka kami disini mengantisipasi hal itu,”jelasnya.

    Tim BPBD Kota Banjar juga disini memberikan edukasi pada para wisatawan terutama siswa dari Bekasi ini,”Supaya mereka selalu berhati-hati saat melakukan kegiatan alam atau bermain permainan alam apalagi ini permainan air yang ada di sungai,”kata Kusnadi.

    BACA JUGA: Ketua KPPU Kodrat Wibowo Meninggal Dunia

    Kusnadi juga mengatakan tim BPBD Kota Banjar juga memberikan beberapa pembahasan terkait cara dan pengamanan saat bermain di Sungai.

    “Tujuannya agar peserta atau wisatawan ini memiliki pengalaman dan wawasan ya g benar terkait alam supaya mereka selalu berhati-hati saat berada di alam,”katanya.

    “Dengan demikian saya mengharapkan mereka mengerti dan tidak gegabah saat melakukan kegiatan kegiatan alam mau dimanapun itu,”pungkas Kusnadi.

    (Budiana Martin/Bambang)

    Berita Terbaru

    spot_img