spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Oded Intruksikan DPU dan Kewilayahan Gerak Cepat Antisipasi Banjir

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Wali Kota Bandung Oded M Danial mengintruksikan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) segera melakukan antisipasi potensi banjir di musim hujan. Aparat di kewilayahan pun diminta terjun dalam antisipasi dan penanganan banjir.

    “Jadi prinsipnya, kewilayahan sebagai ujung tombak. Saya sudah sampaikan tidak bisa parsial oleh DPU di UPT saja, tetapi harus bekerja sama dengan kewilayahan. Insya Allah mereka sudah bertindak, terutama memang hari ini memasuki musim penghujan,” kata Oded di Pendopo, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung Jabar Senin (1/11/2021).

    Oded mengungkapkan, pemkot Bandung telah berupaya mencegah banjir seperti di wilayah Pasteur dengan membuat sumur imbuhan dalam di wilayah Sirnaraga, Sukawarna dan Jalan Bima. Pihaknya mengklaim selalu langsung mencari solusi.

    “Kalau di daerah Kopo (Citarip) memang agak di sananya Kopo di Cimahi kita kolaborasi sama Cimahi susah,” kata dia.

    BACA JUGA: Pemprov Jabar Terus Berupaya Tangani Banjir Bandung Selatan

    Menurutnya, apabila sedimentasi di aliran sungai di wilayah Kopo dikeruk, maka banjir akan mengarah ke Cimahi. Persoalan inilah yang harus dikerjakan bersama-sama dengan leading sektor dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

    “Kalau di Kota Bandung sedimentasi dikeruk, banjir ke Cimahi, pasti ini yang harus dikerjakan oleh kita lintas. Harapan saya lintas ini ada rapat yang bisa dilaksanakan betul-betul juga leading sektor provinsi,” katanya.

    Oleh karna itu, pihaknya mengajak semua masyarakat untuk memiliki kesadaran tidak membuang sampah ke sungai. Pemerintah pun terus memberikan penyadaran kepada masyarakat.

    “Saya mengimbau semua harus punya kesadaran. Kesadaran itu masing-masing, kami pemkot melakukan penyadaran dan dari sisi pembangunan masyarakat moral,” ujar Odede.

    Sebelumnya, Hujan deras yang terjadi Sabtu (30/10/2021) kemarin, menyebabkan sejumlah ruas jalan terendam banjir dan genangan. Akibatnya akses jalan sempat tidak dapat dilalui kendaraan roda dua dan roda empat yang hendak melintas.

    BACA JUGA: Aksi Penganiayaan Siswi SMP di Bandung, Oded: Akibat Budi Pekerti Luntur

    DPU Kota Bandung mencatat banjir dengan ketinggian 30 cm terjadi di Jalan Kopo Citarip dan Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak. Banjir juga terjadi di Jalan Cibaduyut tepatnya di bawah jembatan tol dengan ketinggian 30 cm.

    (Yusuf Mugni)

    Berita Terbaru

    spot_img