spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    PWI Jabar Dilantik, Ridwan Kamil Janjikan Perumahan Wartawan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil melantik pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jabar masa bakti 2021-2026 di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (26/10/2021). Pelantikan berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, termasuk pelaksanaan swab test antigen.

    Dalam sambutannya, Dia berpesan kepada pengurus PWI Jabar agar menjadi pilar kelima dalam pembangunan masyarakat, khususnya pascapandemi COVID-19, melalui informasi-informasi yang disampaikan.

    “Saya menitipkan PWI harus juara. Juara dalam beradaptasi. Juara dalam membimbing masyarakat Jabar beradaptasi dalam tatanan baru, tatanan post COVID-19, tatanan 4.0, tatanan betapa masyarakat Jabar membutuhkan informasi-informasi yang bertanggung jawab,” kata dia.

    Menurutnya, kehadiran wartawan dapat menciptakan situasi dan kondisi di Jabar tetap kondusif. Maka itu, tugas media harus bisa memberikan suatu informasi yang sesuai hati nurani masyarakat.

    Ridwan Kamil berkomitmen memberi dukungan kepada wartawan dalam menjalankan fungsi dan tugasnya. Salah satunya, memberikan anggaran kepada 1.000 wartawan untuk mengikuti uji kompetensi keahlian.

    “Saya sangat berkomitmen terhadap profesi wartawan. Salah satu yang konkret kita akan memberikan dukungan anggaran untuk 1.000 wartawan melakukan uji kompetensi, sehingga nanti hasilnya kami akan memanen sebuah ekosistem media dan wartawan-wartawan yang profesional dan bertanggung jawab,” katanya.

    “Dan berkat dukungan media juga, COVID-19 jauh dari berita hoaks di Jabar,” kata dia menambahkan.

    Kemudian Ridwan Kamil juga, akan memperjuangkan perumahan wartawan, bagi wartawan yang hingga saat ini belum punya rumah.

    “Agar meraka ini bisa bekerja tenang, kami akan sediakan rumah asalkan yang mengajukan ini merupakan anggota PWI,” kata dia.

    Selain itu, Dia menuturkan bahwa keberhasilan Jabar meraih gelar juara umum dalam PON XX Papua 2021 tidak terlepas dari dukungan wartawan yang menyampaikan informasi secara masif kepada masyarakat.

    BACA JUGA: Hadapi PSIS Semarang, Umuh Muchtar Siapkan Bonus untuk Persib

    “Kemudian juga berkat dukungan wartawan di PWI, Jabar bisa juara PON. Sebuah kebanggaan di tengah pandemi, kita mendapatkan kebahagiaan lahir batin. Mari terus menyempurnakan,” katanya.

    Sementara itu ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari mengatakan, era disrupsi media telah membuat perusahaan pers seolah runtuh dan tergerus.  Hal itulah yang harus disikapi serius.

    Ke depan menurut Atal, wartawan harus mampu bersaing di tengah gencarnya arus digitalisasi khusunya arus media sosial.

    “Jadi tantangan wartawan saat ini harus mampu menjadi sosok multitalenta, menguasi berbagai platform informasi baik itu video, narasi serta berbagai keahlian lainnya,” kata dia.

    Atal juga menyampaikan terima kasihnya kepada Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil yang terus mendorong peningkatan kompetensi wartawan, termasuk rencana mendorong Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bagi 1000 wartawan.

    Kemudian ketua PWI Jawa Barat Hilman Jawa Barat merupakan daerah berjuluk “Pabrik Konten” dengan segala kreativitasnya. Hal itu tentu menjadi tantangan besar, agar konten- konten yang tersaji bukan hoaks.

    “Itulah tantangan besarnya yakni mendukung pabrik konten baik dari sarana dan infrastrukturnya maupun kompetensi pembuat konten dalam hal ini wartawan,” kata dia.

    BACA JUGA: Ridwan Kamil Nyatakan Komitmen Majukan Pesantren

    (Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img