spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    BCA Gelar Baksos Operasi Katarak Gratis di RS Dadi Keluarga Ciamis

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: PT Bank Central Asia (BCA) Tbk gelar kegiatan bakti sosial dengan mengadakan operasi katarak secara gratis di RS Dadi Keluarga Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

    Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan berkolaborasi bersama Seksi Penanggulangan Buta Katarak Perdami (SPBK) pusat.

    Evp CSR BCA, Inge Setiawati mengatakan katarak merupakan salah satu penyebab kebutaan bagi ibdra penglihatan yang dapat diderita siapa aja.

    Kegiatan bakti sosial ini merukapan bentuk kepedulian yang didedigasi dengan SPBK untuk mengatasi persoalan tersebut.

    BACA JUGA: P2KBP3A Ciamis Siapkan Psikolog Untuk Korban Selamat Tragedi Sungai Cileuer

    “Berdasarkan data yang dihimpun oleh Rapid Assessment of Avoidable Blindness (RAAB), tahun 2014 hingga 2016 oleh Perdami dan Badan Litbangkes Kemenkes menunjukan bahwa angka kebutaan di Indonesia mencapai 3% dan sebanyak 81% disebabkan oleh katarak,”ungkapnya pada awak media.

    FOKUSJabar.id Ciamis
    Pelaksanaan operasi katarak gratis di Rs Dadi Keluarga yang berada di Kabupaten Ciamis. (Foto: Budiana)

    Mencermati angka tersebut lanjut dia meenyebutkan tentunya telah menjadi tanggung jawab berbagai pihak untuk bersama mencegah terjadinya kebutaan akibat katarak.

    “Katarak bukanlah penyakit yang bisa dianggap remeh, butuh pencegahan dan juga penanggulangan yang serius agar angka kebutaan di Indonesia pun tidak meningkat. BCA berkomitmen untuk membantu saudara-saudara yang menderita katarak namun terbatas biaya untuk melakukan operasi,”kata dia.

    Penyelenggaraan bakti sosial ini merupakan bentuk kepedulian BCA bagi seluruh pasien yang mengidap katarak khususnya yang berada di Ciamis.

    “Tahun ini kami menargetkan 150 pasien akan dioperasi katarak melalui penyelenggaraan kegiatan bakti sosial ini,”paparnya.

    Sebagai informasi dikatakan dia BCA telah bersinergi dengan Perdami sejak tahun 2001 dan telah berhasil melakukan operasi katarak terhadap 5.763 pasien katarak.

    Selain bakti sosial operasi katarak BCA juga memberikan dukungan penyediaan alat- alat operasi katarak untuk SPBK PERDAMI, dan beberapa Perdami Cabang untuk mempercepat pemberantasan buta katarak.

    “Operasi ini pun turut melibatkan enam dokter spesialis mata yang didampingi oleh asisten dokter untuk menangani sekitar 150 pasien,”ujarnya.

    Di sisi lain, pada tahun 2019, BCA juga telah menyumbang donasi 1 buah mikroskop dan instrumen katarak kepada SPBK Perdami Pengurus Pusat.

    “Kemudian donasi 1 buah mikroskop kepada Perdami Cabang DKI Jakarta, dan dukungan pembelian donasi 1 mesin phacoemulsifikasi kepada perwakilan Perdami Cabang Riau,”terangnya.

    Inge mengatakan bahwa operasi katarak ini merupakan kegiatan yang mulia dan memberikan harapan bagi banyak warga Ciamis yang terhalang biaya untuk melakukan operasi.

    Dia berharap kegiatan ini dapat diselenggarakan diberbagai wilayah lain di tanah air. Sebagai institusi perbankan yang turut menaruh perhatian pada ranah kesehatan, BCA tentu mendukung penuh gerakan bebas katarak bagi masyarakat di Indonesia.

    BACA JUGA: Bolos Sekolah, Belasan Pelajar di Banjar Terjaring Razia Satpol PP

    “kami berharap aksi ini dapat memberikan nilai positif dan mengajak seluruh lini dan masyarakat agar bahu membahu dalam membantu sesama yang membutuhkan,”paparnya.

    Sebelumnya Kepala KCU Tasikmalaya Hendri Darmin meninjau langsung penyelenggaraan operasi Katarak di RS Dadi Keluarga Ciamis pada Senin (18/10).  Dia mengatakan Operasi ini turut melibatkan enam dokter spesialis mata yang didampingi oleh asisten dokter untuk menangani sekitar 150 pasien.

    (Budiana Martin)

    Berita Terbaru

    spot_img