spot_img
Sabtu 27 November 2021
spot_img
spot_img

Kronologi Belasan Siswa Mts Ciamis Tenggelam di Sungai Cileeur

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Sebanyak 11 orang siswa Mts Harapan Baru Cijantung, Ciamis tenggelam di Sungai Cileeur, Desa Utama, Kecamatan Cijeungjing, Ciamis, Jumat (15/10/2021).

Para korban yang juga merupakan santri dari Pesantren Cijantung itu diketahui tenggelam pada pukul 13.30 WIB.

Sebanyak 9 siswa Mts tersebut dinyatakan telah meninggal dunia, 2 siswa masih menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit, dan 1 siswa masih dalam proses pencarian.

BACA JUGA: Belasan Siswa Mts Ciamis Tenggelam di Sungai Cileeur, 9 Siswa Tewas, 2 Kritis dan 1 Hilang

Kejadian tersebut bermula ketika Siswa dan guru Mts Harapan Baru Cijantung sedang melangsungkan kegiatan latihan pramuka dengan menyusuri sungai Cileeur.

Kepada Desa Utama Aep Jam’an mengatakan, kejadian tersebut bermula ketika ada salah seorang siswa yang terpeleset lalu berpegangan ke siswa yang lainnya sehingga menyebabkan belasan siswa tenggelam ke sungai.

“Untuk kronologis kejadian bermula ketika ada salah satu siswa yang terpeleset lalu megang tangan siswa yang lainnya sehingga siswa yang lain ikut terbawa kedalam arus sungai,”
kata Aep.

Aep juga mengatakan, bahwa lokasi sungai tersebut terkenal rawan karena memiliki pusaran air yang menjurus ke dalam.

“Awalnya penanggung jawab acara tidak mengetahui adanya siswa yang tenggelam, lalu jam 5 sore ditemukan 1 siswa yang sudah meninggal sampai sekarang sudah ditemukan belasan siswa yang meninggal dunia” kata dia.

Pengurus Pesantren Cijantung Rifai mengatakan, pihaknya tidak mengetahui soal kegiatan susur sungai tersebut.

“Sebelumnya kami pihak pesantren tidak tau mengetahui mengenai kegiatan susur sungai itu walaupun lokasinya dekat dengan lingkungan pesantren” kata Rifai.

Rifai menyatakan, pihak Mts Harapan Baru tidak memberikan informasi dan dan meminta izin pada Pesantren Cijantung terkait kegiatan tersebut.

“Dari seluruh korban tersebut semuanya merupakan santri dan santriwati dari pondok pesantren Cijantung,” kata dia.

(Fauza/Agung)

Artikel Lainnya

spot_img
spot_img