spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Medali Emas Pertama Jabar dari Panjat Tebing PON XX Diraih Widia

    PAPUA,FOKUSJabar.id: Penantian tim Panjat Tebing Jawa Barat untuk bisa meraih medali emas di PON XX/2021 akhirnya terbayarkan pada Senin (4/10/2021). Medali emas pertama Jabar dari cabang olahraga panjat tebing PON XX disumbangkan Widia Fujiyanti dari nomor lead perorangan putri.

    Pada nomor lead perorangan putri, Jabar menempatkan dua atlet andalannya di babak final yang digelar di Sport Climbing Venue Mimika. Yakni Widia Fujiyanti serta Salsabila.

    Widia dan Salsa harus bertarung dengan enam atlet lain yang membela lima provinsi berbeda. Yakni Choirul Umi Cahyaning Ayub dan Kharisma Ragil Rakasiwi (Jatim), Triara Putri Raudhah (Papua), Syarifah Abd. Rochman (DKI Jakarta), Ayu Fatullah (NTB), dan Nadya Putri Virgita (Bali).

    Pada sesi pemanjatan, Widia tampil cukup tenang dan meyakinkan. Poin demi poin mampu dilahap Widia dengan sempurna untuk mencapai titik TOP.

    Widia pun berhasil meraih nilai 47 dan berhak atas medali emas untuk nomor lead perorangan putri. Tak hanya medali emas, Jabar pun memastikan medali perak setelah Salsa mengoleksi nilai 24+, sedangkan medali perunggu diraih atlet Papua, Triara dengan nilai 23.

    “Medali emas yang diraih Wiwi (sapaan Widia Fujiyanti) ini menjadi yang kita tunggu-tunggu setelah di beberapa nomor final yang diikuti, atlet kita hanya meraih perak. Seperti di lead beregu putri dan speed world record peeorangan putra,” kata manajer tim Panjat Tebing Jabar, Sumaryono saat ditemui usai pertandingan, Senin (4/10/2021).

    Jabar sendiri, kata Kang Umar (sapaan akrab Sumaryono), masih punya peluang untuk menambah raihan medali emas. Pasalnya, beberapa atlet Jabar akan tampil di beberapa nomor pertandingan final.

    “Besok (Selasa, 5/10/2021), akan dipertandingkan babak final di tiga nomor. Yakni lead mix, boulder perorangan putri, dan lead perorangan putra,” kata Kang Umar.

    BACA JUGA: Jajang Tebus Dua Pesawat Dengan Medali Emas Aeromodeling PON XX

    Salsabila meraih medali perak bagi Jabar dari nomor lead perorangan putri cabang olahraga panjat tebing PON XX 2021. (FOTO: PB PON XX Papua)

    Sementara Ketua Umum Pengprov FPTI Jabar, Insan Budiman mengaku cukup puas dengan penampilan para atlet Jabar di ajang PON XX/2021 Papua. Raihan Widia Fujiyanti di nomor lead perorangan putri dengan meraih medali emas, diharapkan bisa memacu semangat atlet lain menambah pundi-pundi emas bagi kontingen Jabar.

    “Dibuka dengan raihan medali emas dari Wiwi, kita berharap memotivasi atlet lain untuk juga meraih medali emas. Jabar masih berpeluang menmbah medali emas,” kst Insan.

    Di cabang olahraga panjat tebing PON XX/2021, lanjut Insan, tiga medali emas menjadi target pencapaian di Bumi Cendrawasih. Jabar masih punya peluang untuk menambah raihan medali emas karena atlet Jabar masih akan kembali bertanding di laga final.

    “Besok (Selasa, 5/10/2021), akan dipertandingkan babak final di tiga nomor. Yakni lead mix, boulder perorangan putri, dan lead perorangan putra. Semoga kita bisa melampaui target tiga medali emas yang sudah dicanangkan,” kata Insan.

    Selain meraih satu medali emas dan satu perak, tim Panjat Tebing Jabar pun meraih satu medali perunggu. Tambahan satu medali perunggu diraih Bim Sigrid dari nomor boulder perorangan putra.

    Hingga saat ini, tim panjat tebing Jabar sudah mengoleksi tujuh keping medali. Dengan rincian satu medali emas, dua perak, dan empat perunggu.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img