spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    PKS Jabar Tingkatkan Kulitas Kader untuk Hadapi Problematika di Masyarakat

    BANDUNG,FOKUSJabar.id Ketua DPW PKS Jabar Haru Suandharu mengatakan kader PKS harus bisa menghadapi komplekasitas kondisi masyarakat, menyikapi berbagai problematika.

    Kata Haru, kader PKS harus hadir dalam ditengah-tengah masyarakat memberikan solusi dan membatu agar masyarakat bisa keluar dari berbagai masalah.

    Dengan demikan pihaknya meningkatakan kapasitasi Pembina Unti Pembinaa Anggita PKS Jabar lewas “Pendidikan Politik dan Peningkatan Kapasitas Pembina Unit Pembinaan Anggota”.

    BACA JUGA: Bupati Jember Terima Honor Pemakaman Corona Rp 70 Juta, PKS: Sakit!

    Dia menyampaikan, “Pembina” merupakan unsur utama terlaksananya proses tersebut. Untuk itu, PKS Jawa Barat menyediakan fasilitas pelatihan bagi para pembina di berbagai jenjang keanggotaan. Karena itu acara ini menjadi sangat penting dilaksanakan.

    “Meski kondisi pandemi, pelaksanaan proses ‘supply nutrisi’ yang bergizi bagi para anggota harus tetap tersampaikan. Apalagi, perlu keterampilan khusus karena kita menghadapi kondisi yang baru, tentu kita perlu keterampilan yang berbeda.” Kata dia.

    Haru mengaku, pelaksanaan pembinaan di Unit Pembinaan Anggota selama masa pendemi bukan tanpa kendala, termasuk kendala efektifitas komunikasi. Jarak, kedala teknis (jaringan, media, juga pengoperasian perangkat) ialah sebagian faktornya. Selain itu, komunikasi melalui media merupakan cara baru yang menuntut pembina mengeluarkan upaya lebih keras, apalagi pelaksanaannya harus berkesinambungan. 

    BACA JUGA: Warga Cinyasag Ciamis Tabu Berburu dan Makan Daging Kijang

    “Untuk itu, mumpung ada keluangan, selain soal keterampilan, kita mempertemukan sebagian para pembina anggota  di momen ini agar tegangannya optimal, kemudian ‘kontennya’ spesial, bukan hanya soal keterampilan namun juga menyampaikan kembali urgensi pelaksanaan pembinaan di Unit Pembinaan Anggota sehingga nilainya terjaga pada hati setiap kader, khususnya para pembina,” kata dia.

    Lebih jauh, pada momen ini juga, PKS Jawa Barat memberikan ‘suplemen’ berupa Pendidikan Politik bagi para pembina. Dengan begitu, para kader dapat menjadi agen yang menyampaikan pentingnya partisipasi politik sebagai warga masyarakat Indonesia. Harapannya, ke depan, masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam proses berbangsa bernegara secara aktif.

    PKS Jawa Barat menghelat acara ini pada 25-26 September 2021 di Hotel Savoy Homan, Kota Bandung. Berlanjut di kota lainnya pada awal Bulan Oktober. Acara akan dilaksanakan dengan penegakkan disiplin protokol kesehatan yang ketat dan “hybrid”; sebagian luring dan sebagian besarnya daring. Acara ini juga mengundang seluruh pembina dan pengurus bidang pembinaan anggota hingga tingkat kecamatan.

    (Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img