spot_img
Rabu 24 April 2024
spot_img
More

    Peran Penting Koperasi Membangun Perekonomian Masyarakat

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan (KUKMP) Kabupaten Ciamis Jawa Barat (Jabar), David Firdha menyebut, peran organisasi ini dalam membangun perekonomian masyarakat sangat penting. 

    Demi mewujudkan hal tersebut, sosialisasi dan edukasi peningkatan Kapasitas dan kompetensi SDM terus dilakukan.

    Sebanyak 20 pengawas Koperasi yang tersebar di Kabupaten Ciamis secara masif melakukan sosialisasi.

    “Organisasi ini merupakan gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan,” katanya.

    koperasi fokusjabar.id
    Kepala Dinas KUKMP Kabupaten Ciamis David Firdha

    BACA JUGA: Pastikan PTM  Berjalan Dengan Prokes, Disdik Ciamis Terjunkan Tim Monitoring

    David menuturkan, oragbnisasi ini sebagai unit usaha bersama sangat sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia. Oleh karena itu, perlu dikembangkan oleh masyarakat dalam rangka menegakan perekonomian nasional. 

    “Koperasi juga berperan dalam hidup di tengah masyarakat salah satunya untuk memperbaiki ekonomi dan tercapailah kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

    David mengungkapkan, kondisi koperasi saat ini masih belum dapat menunjukan kemajuan yang cukup signifikan.

    “Itu karena terbatasnya akses kepada sumber daya yang produktif, menyebabkan koperasi ini sulit dalam hal tingkatkan kapasitas usahanya serta mengembangkan usaha yang inovatif dan berdaya saing,” ungkapnya.

    David menjelaskan, dari beberapa koperasi yang ada  di Kabupaten Ciamis masih belum terlihat adanya manfaat bagi masyarakat, khususnya para anggotanya. 

    Untuk itu, perlu mengembalikan fungsinya agar berperan dalam memenuhi kebutuhan anggotanya dan masyarakat sekitar serta mampu memberikan kontribusi dalam pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Ciamis.

    “Untuk mengatasi masalah tersebut DKUKMP Ciamis selaku Dinas terkait berupaya keras dan mengambil langkah-langkah kebijakan, dengan memberdayakan dan menumbuhkembangkan melalui kegiatan pelatihan ini,” jelasnya.

    David berharap, kepada para peserta agar dapat benar-benar mengikuti kegiatan ini supaya nanti bisa mengimplementasikan kepada masyarakat. 

    “Tolong ikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya, supaya bisa terciptanya kesejahteraan bagi masyarakat dan juga anggota khususnya,” pungkasnya.

    (Riza M Irfansyah/Bambang Fouristian) 

    Berita Terbaru

    spot_img