spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Wagub Jabar Ingin PIM di Subang Serius Kelola Udang Vaname

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menebar 300 ribu benur udang vaname di Muara Blanakan, Kabupaten Subang, Senin (13/9/2021).

    Penebaran di dua kolam seluas 3.200 M2 itu sekaligus sebagai peresmian Pembudidaya Ikan Milenial (PIM) udang Vaname di Subang.

    Tidak hanya itu, Wagub pun menyerahkan 140 ribu ekor benur udang Windu dan nener bandeng kepada Koperasi Unit Desa (KUD) Mina Karya Bakti.

    Uu mengatakan bahwa potensi sektor perikanan sangat besar, bahkan bisa menjadi lokomotif ekonomi yang bisa meningkatkan kesejahteraan jika dikelola dengan baik. Terlebih generasi milenial sangat kreatif berinovasi.

    “Hal itu pulalah yang membuat Pak Gubernur memanfaatkan sektor perikanan yang dipadukan dengan SDM milenial terdidik dan diberikan ilmu pengetahuan perikanan,” kata Uu.

    Fokusjaabar.id Wagub
    Wagub Jabar Saat peresmian PIM Subang (foto IST)

    Dia berharap PIM Udang Vaname ini bisa menyerap ilmu terkait budi daya, sehingga PIM bisa mandiri, berinovasi, bahkan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan produktivitas dan hasil panen.

    BACA JUGA: Wagub Jabar Ajak Tokoh Agama Sukseskan PPKM Darurat

    “Luruskan niat, jangan mudah menyerah dan tetapkan cita-cita,” kata dia.

    Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jabar Hermansyah berharap PIM mampu belajar dan memahami ilmu yang diberikan dalam membudidayakan Udang Vaname.
    Terlebih budi daya Udang Vaname membutuhkan persiapan lebih matang. Selain modalnya sangat besar, risikonya pun tergolong tinggi.

    Artinya, kolaborasi dengan pelaku budi daya udang vaname yang berpengalaman sangat dibutuhkan.

    “Usaha budi daya udang vaname itu memang sangat menguntungkan. Keuntungannya bisa dua kali lipat dari biaya operasional. Artinya, keuntungannya bisa 100 persen, namun modal investasinya juga tidak kecil,” kata Heemansyah.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img