spot_img
Rabu 1 Mei 2024
spot_img
More

    Robert Alberts Berharap Kompetisi Liga 1 2021 Gunakan VAR

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, berharap kompetisi Liga 1 2021-2022 bisa menggunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR), untuk membantu kinerja wasit.

    Harapan pelatih asal Belanda ini bukan tanpa alasan, pasalnya saat pertandingan perdana Liga 1 2021-2022 mengahadapi Barito Putera di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Sabtu (4/9/2021) gol Mohammed Rashid dianulir.

    “Ini bukan untuk mengkritisi, apa yang coba kami sampaikan setiap saat adalah supaya untuk membenahi sepakbola di sini. Untuk membenahi situasi seperti ini dan membantu wasit. Dari sudut pandang kami, karena kami duduk di bench, saya bisa katakan itu keputusannya fifty-fifty,” kata Robert Alberts.

    BACA JUGA: Setelah Laga Perdana Kompetisi Liga 1 2021 Persib Kembali Berlatih

    “Karena kami bisa melihat saat Marc melepas umpan kepada Rashid, pemain Barito melakukan pergerakan. Itu keputusan yang harusnya dipertimbangkan 1-2 detik, tapi wasit sudah mengambil keputusan dan wasit keempat yang berada di sisi kami tidak bisa mengonfirmasi itu offside atau tidak,” kata Robert Alberts.

    Robert Alberts menuturkan, diterapkannya teknologi VAR sudah banyak diterpakan oleh beberapa negara, karena hal itu bisa membantu kerja wasit.

    “Menurut saya, wasit akan terbantu dengan adanya VAR karena itu sudah diperkenalkan di sepakbola dunia. VAR juga kini sudah diterima meski di awal diperkenalkannya ada banyak masalah. Tapi jika kalian lihat sekarang, offside itu offside, itu jelas dan membantu wasit mengambil keputusan,” kata Robert Alberts.

    Persib sendiri pada pertandingan perdana, berhasil meraih kemenangan dengan skor tipis 1-0. Gol tunggal Maung Bandung, dicetak oleh Marc Klok melalui tendangan bebas di menit 86.

    “Jika kami tidak mencetak gol dari tendangan bebas, tapi kami mencetak gol dari gol (yang dianulir) ini karena ini gol yang jelas-jelas onside, ini tentu membantu pertandingan, membantu sepakbola, membantu wasit juga dalam membuat keputusan yang adil,” kata dia.

    “Wasit selalu berada dalam kondisi di bawah tekanan dan sulit bagi mereka mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. Dan itu kenapa teknologi masuk, untuk membantu mereka,” kata dia menambahkan.

    BACA JUGA: Laga Pembuka Kompetisi Liga 1 2021 Dimenangkan Bali United

    (Arif/Anthika Asmara)

     

     

    Berita Terbaru

    spot_img