spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Selam Jabar Siap Buktikan Prestasi di PON XX

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: PON XX/2021 yang digelar di Papua, akan menjadi pertaruhan dan pembuktian tim selam Jabar. Sebelumnya, pada PON XIX tahun 2016, Jawa Barat gagal membuktikan menjadi yang terbaik setelah hanya meraih satu medali emas dari total 22 nomor yang dipertandingkan.

    Pelatih tim selam Jabar, Goffur Ammar Santoso mengatakan, nomor pertandingan pada PON XX mengalami penambahan. Total sebanyak 28 nomor akan diperebutkan dengan rincian 20 nomor kolam dan delapan nomor laut.

    “Mudah-mudahan, kita bisa meraih minimal enam medali emas. Artinya bisa melampaui raihan sebelumnya di PON XIX,” kata Goffur saat ditemui di gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Selasa (7/9/2021).

    Goffur mengatakan, komposisi tim selam Jawa Barat berjumlah 14 atlet. Yang terdiri dari 10 atlet untuk nomor kolam dan empat atlet di nomor laut.

    BACA JUGA: Ditarget 3 Medali Emas di PON XX, Panjat Tebing Jabar Ogah Sesumbar

    Untuk mencapai target, lanjut dia, tim selam Jabar sudah menggelar sentralisasi latihan sejak Agutus 2020. Dari pelaksanaan latihan tersebut, progres peningkatan kemampuan para atlet pun cukup baik.

    “Terutama untuk di nomor kolam. Beberapa atlet bahkan sudah melampaui catatan waktu para pendahulunya pada PON XIX tahun 2016 lalu. Termasuk dari catatan waktu pada saat kejuaraan daerah maupun babak kualifikasi,” dia menambahkan.

    Pada PON XIX, Goffur menuturkan jika kekuatan cabang olahraga selam di Indonesia didominasi oleh Jatim. Namun untuk PON XX, kekuatannya sudah mulai merata antara Jatim dan DKI Jakarta.

    “Atlet-atlet DKI Jakarta cenderung lebih muda dan fresh. Jadi untuk pesaing, kita waspadai Jatim dan DKI Jakarta dengan tidak menganggap remeh kontingen lain termasuk tuan rumah Papua,” kata dia.

    Kendala yang dihadapi dalam proses persiapan, diakui Goffur, lebih kepada minimnya uji tanding atlet. Baik try in maupun try out.

    Beberapa even kejuaraan yang sempat akan diikuti atlet selam Jabar, batal digelar karena terbentur aturan protokol kesehatan Covid-19. Meski demikian, kondisi yang sama juga dialami hampir semua kontingen peserta PON XX di cabang olahraga selam dan cabang olahraga lain.

    “Saat ini, kendala yang dihadapi terkait dengan peralatan pertandingan yang belum ada untuk PON XX. Semoga saja sebelum kita berangkat, peralatan itu sudah ada dan atlet bisa tampil lebih maksimal,” kata dia.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img