spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Batang Pisang Dijual Mahal di AS, Ternyata Ini Manfaatnya

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kedebong atau batang pisang ternyata dijual dengan harga tinggi di Amerika Serikat. Hal ini terungkap melalui unggahan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa pada Sabtu (4/9/2021).

    Dilansir dari tempo.co, orang nomor satu di Jatim itu mengunggah sebuah foto batang pisang yang dijual di Negeri Paman Sam. Ia kaget dengan harga jual batang pisang yang cukup tinggi.

    fokusjabar.id batang pisang
    Postingan Khofifah Indar Parawansa terkait kedebong pisang yang dijual mahal di Amerika Serikat. (FOTO: WEB)

    “Orang Indonesia ‘nangis’ lihat harga potongan kecil kedebong pisang yang harganya hampir seratus ribu rupiah di Amerika Serikat. Disana potongan batang pohon pisang dijual di Hornbill Asian Market, USA seharga $5,95 kurang lebih setara dengan Rp85 ribu,” tulis Khofifah dikutip Tempo dari akun instagram @khofifah.ip, Sabtu (4/9/2021).

    Dalam dunia kesehatan, kedebong pisang diketahui memiliki banyak manfaat. Di antaranya sebagai antioksidan dan antidiabetes.

    BACA JUGA: Keren! Inovasi Ditengah Pandemi, Arul Ciptakan Miniatur Pesawat

    Berikut beberapa manfaat kedebong pisang bagi kesehatan.

    1. Kaya serat dan mencegah batu ginjal
    Pati dalam kedebong pisang menyerupai pati tepung sagu dan tepung tapioka. Kandungan gizi yang cukup tinggi memungkinkan kedebong pisang dijadikan sebagai alternatif bahan pangan dan diolah menjadi tepung yang kaya karbohidrat.

    2. Membantu penyembuhan luka bakar
    Dalam penelitian yang dilakukan mahasiswa Universitas Malahayat, Gusti Agung Putu Yogi Veda Ananta, ditemukan jika ekstrak batang pisang mengandung tanin, saponin, dan flavonoid yang masing-masing memiliki peran tersendiri dalam proses penyembuhan luka.

    Senyawa Saponin memiliki aktivitas antiseptik yang membantu penyembuhan luka. Flavonoid dari golongan flavonol, flavon, dan isoflavon memiliki aktivitas antiinflamasi. Sedangkan Tanin merupakan senyawa polifenol dari golongan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan kuat dan juga anti inflamasi.

    3. Menjadi Adsorben terhadap Mangan dalam Air
    Mangan adalah logam yang umum yang dapat ditemukan di alam. Namun pada konsentrasi tinggi dapat memberikan noda coklat kemerahan pada peralatan juga memberikan rasa pahit atau rasa logam pada air minum. Dalam kasus ini, batang pisang dapat dijadikan sebagai adsorben untuk menyerap logam mangan dalam air.

    Mahasiswa Poltekkes Bandung Indah Andrini dalam penelitiannya yang berjudul ‘Pemanfaatan Batang Pisang sebagai Adsorben Terhadap Mangan dalam Air’, menunjukkan konsentrasi adsorben 0,5 persen pada waktu kontak 30, 60, 90, dan 120 menit secara berturut-turut menurunkan kadar logam mangan sebesar 2,1703; 2,5923; 3,1207; dan 3,5201 mg/L.

    fokusjabar.id batang pisang
    Batang pisang yang dijual di Hornbill Asian Market, Amerika Serikat. (FOTO: WEB)

    Ternyata, kedebong pisang yang selama ini dianggap sampah dan dibuang begitu saja, memiliki berbagai manfaat. Selain dapat dimanfaatkan untuk kesehatan, juga memiliki nilai ekonomis cukup tinggi.

    Dengan manfaat tersebut, sangatlah wajar jika Gubernur Jatim ini mendorong para follower-nya untuk menjadi eksportir batang pisang.

    “Bagaimana, tertarik jadi eksportir kedebong pisang?” tulis Khofifah.

    Anda Tertarik?

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img