spot_img
Jumat 15 Oktober 2021
spot_img
spot_img

7 Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan, Wanita Wajib Tahu

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sirih Merah adalah tumbuhan merambat yang dibudidaya karena keindahan daunnya dan dipercaya bisa mengobat berbagai penyakit.

Nama ilmiah tumbuhan asal Sulawesi ini Piper ornatum. Namun, beberapa pustaka mengacaukannya dengan Piper crocatum, tumbuhan yang tidak dibudidayakan yang berasal dari benua Amerika.

Kandungan Daun Sirih sekitar 85-90 persen air. Artinya, tumbuhan ini memiliki kadar air yang tinggi dan jumlah Kalori rendah.

100 gram Daun Sirih hanya mengandung 44 kalori. Termasuk di dalamnya adalah 0,4-1 persen lemak dan 3-3,5 persen protein yang menjadikannya sumber rendah lemak dan sumber protein sedang.

BACA JUGA: Kutil Dapat Diobati dengan 6 Bahan Ini

Selain itu, mengandung nutrisi esensial dalam jumlah sedang seperti yodium (3,4 mcg/ 100 gram), kalium (1,1-4,6 persen), vitamin A (1,9-2,9 mg/ 100 gram), vitamin B1 (13-70 mcg/ 100 gram), vitamin B2 (1,9-30 mcg/ 100 gram) dan asam nikotinat (0,63-0,89 mg/ 100 gram).

Dalam nutrisi tersebut mengandung minyak Atsiri dan komponen kimia seperti minyak sirih dan chavicol, betel phenol, eugenol, terpene dan campene.

Komponen kimia tersebut memiliki sifat obat dan membantu dalam pengobatan dan pengelolaan berbagai penyakit dan gangguan.

Daun Sirih Merah juga mengandung alkaloid, flavonoid, saponin, tanin, karvakol dan eugenol yang berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Berikut Manfaat Daun Sirih Merah:

  1. Obat Batuk

Daun Sirih Merah efektif untuk mengobati Batuk. Caranya sangat mudah, rendam 10 lembar daun segar di dalam larutan alkohol 70 persen selama 30 menit agar bakterinya mati. Setelah itu, rebus dengan 4 gelas air dan tambahkan 100 gram gula pasir.

sirih merah fokusjabar.id
Ilustrasi (foto web)

Rebus hingga airnya menyusut, lalu minum dengan takaran 1 sendok makan sebanyak tiga kali dalam satu hari.

  1. Anti Diabetes

Bubuk daun sirih kering memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar glukosa darah pada individu dengan diabetes mellitus tipe 2 yang baru didiagnosis dan obat herbal ini hadir tanpa efek samping.

Individu dengan diabetes menunjukkan tingkat stres oksidatif yang tinggi karena kadar glukosa darah tinggi yang terus menerus (hiperglikemia). Kadar glukosa darah yang begitu tinggi menghabiskan sistem pertahanan antioksidan dan selanjutnya menonaktifkan enzim antioksidan.

sirih merah fokusjabar.id
(foto web)

Daun sirih merupakan sumber antioksidan yang melawan stres oksidatif dengan menangkal radikal bebas. Dengan demikian, daun sirih membantu dalam menurunkan kadar glukosa darah tinggi dan membantu dalam pengelolaan diabetes mellitus.

  1. Penyakit Jantung

buah dewandaru fokusjabar.id
Ilustrasi (foto web)

Juga efektif untuk mengobati penyakit jantung. Caranya, siapkan Daun sirih merah segar berukuran sedang 3-4 lembar,Air 4 gelas atau 800 ml.

Cuci bersih lalu rebus dengan air mendidih, tunggu hingga air menyusut setengahnya. Kemudian, saring dan minum air rebusan tersebut selagi hangat sebanyak dua kali sehari sebelum makan.

  1. Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Daun sirih merah membantu menurunkan kadar kolesterol, trigliserida, kolesterol low-density lipoprotein (LDL) yang tinggi dan kolesterol very low-density lipoprotein (VLDL). Juga membantu meningkatkan kadar kolesterol high-density lipoprotein (HDL).

Efek penurun lipid seperti daun sirih merah dikaitkan dengan adanya eugenol, antioksidan alami yang menetralkan radikal bebas. Eugenol selanjutnya menghambat biosintesis kolesterol di hati dan mengurangi penyerapan lipid di usus.

sirih merah fokusjabar.id
Ilustrasi (foto web)

Lebih lanjut meningkatkan metabolisme kolesterol LDL “jahat”. Kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi dimobilisasi dari plasma ke hati dan kemudian dieliminasi dalam bentuk asam empedu.

Dengan demikian, melalui berbagai mekanisme daun sirih merah membantu menurunkan kadar lipid yang tinggi.

  1. Anti Kanker

Daun sirih merah jika dikonsumsi dengan tembakau dan buah pinang meningkatkan risiko kanker mulut. Namun, daun sirih merah sendiri merupakan reservoir senyawa fenolik yang memiliki sifat antioksidan, anti-mutagenik, anti-proliferasi dan anti-bakteri.

Studi telah mengungkapkan potensi pencegahan kemo dari daun sirih ini terhadap berbagai jenis kanker karena mengandung berbagai fitokimia (bahan kimia tanaman yang mempromosikan kesehatan) yang memiliki manfaat melawan kanker.

Stres oksidatif memainkan peran besar dalam patofisiologi kanker dan merupakan sumber antioksidan yang sangat baik yang menetralisir radikal bebas dan melawan stres oksidatif.

Ini lebih lanjut menghambat pertumbuhan sel kanker dan penyebarannya ke berbagai organ tubuh.

  1. Merawat Organ Intim Wanita

Daun tumbuhan merambat ini juga dipercaya dapat mengatasi keputihan dan merawat organ intim wanita karena memiliki sifat antiseptik yang dapat melindungi organ intim dari bakteri jahat.

sirih merah fokusjabar.id
Ilustrasi (foto web)

Rebus 8 daun sirih merah yang sudah dipotong kecil-kecil dengan 800 ml air. Setelah mendidih, biarkan hingga dingin. Lalu, gunakan rebusan air itu untuk membasuh organ intim sebanyak dua kali sehari.

  1. Radang Mata

Tak kalah pentingnya, daun tumbuhan merambat ini juga berkhasiat mengobati radang mata. Caranya, siapkan 4 lembar, cuci dengan dua gelas air sampai mendidih hingga air menyusut.

Setelah dingin, gunakan untuk merendam mata yang sakit. Meski begitu, sebelum melakukannya, lebih baik konsultasikan dulu hal ini ke dokter. Sebab, setiap orang memiliki gejala dan penanganan yang berbeda. Semoga Bermanfaat.

sirih merah fokusjabar.id
Ilustrasi (foto web)

(Bambang Fouristian/berbagai sumber)

Artikel Lainnya

spot_img