spot_img
Rabu 17 April 2024
spot_img
More

    Disparbud Jabar Terbuka untuk Kolaborasi Tangani Pandemi

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar Dedi Taufik mengapresiasi gerakan yang dilakukan oleh Ikatan Alumni Universitas Parahyangan (Unpar) Bandung, yang memberikan bantuan uang tunai Rp 1 Juta kepada 92 Pedagang.

    Dedi mengatakan, Jabar ini center of knowledge. Artinya, banyak alumni yang tergabung dalam berbagai organisasi ikatan alumni dari universitas yang ada. Gerakan seperti ini sangat berarti dan patut diapresiasi. Pemerintah pun selalu terbuka untuk berkolaborasi.

    “Saya akan terus berkoordinasi dengan Ikatan alumni dari berbagai universitas agar kegiatan serupa atau inovasi dari sisi keilmuan untuk membantu menanganai pandemi bisa dilakukan secara massif,” kata dia seusai menghadiri penyaluran bantuan sosial berupa uang tunai Rp 1 juta kepada 92 pedagang dari Ikatan Alumni Unpar Bandung, Selasa (17/8/2021).

    Kolaborasi antara Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar dengan sejumlah ikatan alumni terus terjalin. Salah satu yang sudah terelasiasi adalah upaya melestarikan permainan tradisional dengan membuat acara bertajuk Ulinpiade dengan IKA Unpad.

    BACA JUGA: Disparbud Jabar Salurkan Bantuan Uang Tunai Kepada Pedagang

    “Industri pariwisata menjadi salah satu sektor yang terpukul akibat pandemi. Banyak pula pelaku ekonomi kreatif berjalan lesu. Gerakan sosial seperti ini bisa menjaga optimisme bahwa mereka yang terdampak tidak berdiri sendiri. Program bantuan dari pemerintah juga terus jalan,” kata dia.

    Sementara itu, Ketua IKA Unpar, Ivan P. Sadik mengatakan gerakan donasi ini dimulai dua pekan lalu hingga akhirnya terkumpul sebanyak Rp 140 juta. Sasaran kepada pedagang tidak terlepas dari nostalgia.

    “Para pedagang ini dulu waktu saya dan teman-teman masih kuliah suka membantu kami kasbon agar kita tetap bisa makan, terutama di akhir bulan. Jadi, sekarang kami yang membantu meringankan mereka yang kondisinya sedang sulit,” kata dia.

    Gerakan sosial ini dipastikan akan terus berlanjut dengan menyasar berbagai sektor, termasuk para pelaku ekonomi kreatif. Ia pun berkomitmen siap berkolaborasi dengan pemerintah daerah.

    Koordinator penyaluran bansos dari IKA Unpar Jan Sangapan Hutabarat mengatakan ada sebanyak 92 pedagang di sekitar kampus yang diberikan bantuan tunai sebesar Rp1 juta. Penyaluran bantuan itu pun dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 Republik Indonesia.

    Menurut Jan, ada sekitar 70 persen warung pedagang di sekitar kampus tersebut yang gulung tikar akibat tidak adanya kegiatan mahasiswa di Unpar yang berlokasi di Jalan Ciumbuleuit, Kota Bandung tersebut. Warga sekitar hingga juru parkir pun medapat bantuan berupa paket makanan.

    “Karena memang mahasiswa gak ada dan perkuliahan dilakukan secara daring. Bahkan ketika kami berkeliling kita lihat suasana sekitar itu cukup mencekam pada malam hari yang biasanya kalau normal itu cukup ramai,” kata Jan.

    (Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img