spot_img
Jumat 17 Mei 2024
spot_img
More

    Vaksinasi Covid-19 di Kota Bandung Sudah Capai 52 Persen

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus melakukan percepatan proses vaksinasi Covid-19. Hal itu dilakukan guna mencapai target 70 persen pada bulan September 2021 mendatang.

    Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung yang dilansir melalui laman bandung.go.id hingga Minggu (15/8/2021) kemarin, total vaksinasi dosis pertama yang telah dilakukan mencapai 1.024.750 orang atau 52.49 persen. Dosis kedua sebanyak 586.935 orang atau 30.06 persen.

    Dosis ketiga untuk tenaga kesehatan (nakes) mencapai 2.797 orang atau 0,14 persen. Total sasaran masyarakat yang akan mendapatkan vaksinasi Covid-19 di Kota Bandung sebanyak 1.952.358 orang.

    “Sekarang persentase vaksinasi di angka 52 persen dosis pertama lebih dari satu juta. Mudah-mudahan target 70 persen bulan September bisa terealisasi, ” kata Wali Kota Bandung, Oded M Danial di Gedung DPRD Kota Bandung, Jalan Sukabumi, Jabar, Senin (16/8/2021).

    BACA JUGA: Sabtu (14/8), Aturan Ganjil Genap Mulai Diberlakukan di Dua Ruas Jalan di Kota Bandung

    Menurutnya, salah satu upaya yang sedang dilakukan adalah mengecek data vaksinasi yang dilakukan oleh TNI dan Polri selama ini. Sehingga diharapkan jika sudah dilakukan pengecekan maka target yang sudah divaksinasi lebih banyak lagi.

    “Saya lihat ada potensi apa yang dilaksanakan TNI dan Polri (data vaksinasi) belum terintegrasi dengan pemkot. Ketika terintegrasi mudah-mudahan lebih tercapai,” kata dia.

    Dosis kedua yang masih di angka 30 persen, Oded menjelaskan, jika vaksinasi Covid-19 dari dosis pertama ke dosis kedua dibutuhkan interval waktu. Ia menekankan yang harus diperhatikan adalah ketersediaan dosis vaksin.

    “Yang harus dijaga oleh kita jangan sampai terjadi di beberapa daerah ketika masuk saatnya vaksin kedua, gak ada vaksinnya. Jangan terulang. Kalau tidak ada mubazir,” kata Oded. 

    (Yusuf Mugni/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img