spot_img
Selasa 18 Juni 2024
spot_img
More

    Anak ke-3 Presiden Indonesia, Rachmawati Soekarnoputri Tutup Usia

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Diah Permana Rachmawati Soekarno atau Rachmawati Soekarnoputri dikabarkan meninggal dunia pada pukul 06.15 WIB di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Sabtu (3/7/2021).

    Rachmawati Soekarnoputri merupakan anak ketiga Proklamator Indonesia (Bung Karno) sekaligus politisi kondang ini sebelum menghembuskan nafas terakhirnya sempat dirawat beberapa hari di Rumah Sakit (RS). 

    Kabar duka tersebut diumumkan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad melalui akun media sosialnya.

    Berita duka. Innalilahi wa innaillaihi rojiun. Pada 3 Juli 2021, sekitar pukul 06.45 WIB, telah wafat Ibu Rachmawati Soekarnoputri di RSPAD,” tulis Sufmi Dasco Ahmad.

    BACA JUGA: Ini Cara Cek, Download, dan Cetak Sertifikat Vaksin Covid-19

    Adik dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tersebut tercatat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra dan berada langsung di bawah posisi Ketua Umum Prabowo Subianto sejak September 2020.

    Pada Juni 2021, putri proklamator Indonesia, Soekarno, itu juga dikukuhkan sebagai Ketua Dewan Pembina Tim Mutiara Hitam oleh Persipura Jayapura.

    Sebelum ditetapkan sebagai Ketua Dewan Pembina Persipura, Rachmawati juga pernah mendapat gelar ‘Mama Papua’ dari tokoh Papua di Jakarta.

    Hj. Rachmawati Soekarnoputri lahir di Jakarta, 27 September 1950 adalah politikus Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), pendiri dan Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Bung Karno serta pendiri Partai Pelopor.

    Putri dari Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno ini menjalani pendidikannya di Jakarta. Dia sekolah di SD Perguruan Cikini, SMP Perguruan Cikini dan SMA Santa Ursula Jakarta.  Setelah lulus SMA, Dia melanjutkan ke Universitas Indonesia di Fakultas Hukum.

    Rachmawati berkuliah S1 Hukum di Universitas Bung Karno pada tahun 2002 dan lulus meraih gelar Sarjana Hukum. Selanjutnya kuliah S2 tahun 2017 dan meraih gelar Magister Hukum di kampus yang sama tahun 2020.

    Rachmawati mempunyai 3 suami. Suami pertama ia nikahi bernama Dokter Martomo Pariatman Marzuki alias Tommy. Mereka melangsungkan akad nikah pada tahun 1969. Namun hubungannya tidak berlangsung lama.

    Setelah berpisah dari Tommy, Dia menikah dengan aktor film Dicky Suprapto pada tahun 1975. Dari pernikahannya, ia melahirkan 2 anak bernama Muhammad Marhaendra Putra dan Muhammad Mahardhika Putra.

    Bercerai dengan Dicky Suprapto, dia menikah kembali pada tahun 1995 dengan Benny Sumarno. Benny adalah ayah dari actor Anjasmara.

    (Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img