spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Polemik Layanan Publik, Bupati Ciamis Dianggap Tidak Pro-Rakyat

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Ratusan massa yang mengatasnamakan Forum masyarakat dan mahasiswa peduli kesehatan kembali melakukan aksi demonstrasi di gedung DPRD Kabupaten Ciamis, Jabar. Rabu (16/6/2021).

    Aksi tersebut merupakan lanjutan dari aksi sebelumnya yang dilakukan pada Rabu (9/6/2021) lalu terkait penyampaian aspirasi tentang buruknya layanan publik di Kabupaten Ciamis dibidang kesehatan.

    Namun, ratusan masa aksi ini merasa diciderai oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya yang tidak hadir dalam undangan yang dilayangkan oleh DPRD Kabupaten Ciamis.

    Kordinator aksi, Ujang mengatakan, pihaknya sangat kecewa dengan ketidak hadiran beberapa pihak seperti kepala BPJS, Bupati Ciamis.

    Padahal pihaknya menekankan Komisi D DPRD Ciamis pada aksi sebelumnya untuk menghadirkan para pemangku kebijakan untuk menuntaskan persoalan ini.

    BACA JUGA: Hobi Buat Miniatur Mobil Pemuda Asal Ciamis Ini Raup Juataan Rupiah

    “Kenapa Bupatinya tidak hadir,” kata dia saa berorasi seraya diikuti masa aksi yang berteriak hadirkan bupati hadirkan bupati jangan bersembunyi, bupati harus membela rakyat jangan hanya membutuhkan suara kami saja.

    Kendati begitu, Ujang mengatakan pihaknya telah sepakat dengan pihak DPRD untuk menghadirkan Bupati dan Kepala  BPJS Kesehatan Cabang Ciamis dalam pertemuan selanjutnya.

    “Kami juga akan mengadakan aksi yang lebih besar jika aspirasi kami terkait layanan publik tidak segera dituntaskan,” kata dia.

    Sementara itu, Asisten Daerah (Asda) 1 Ika Damaiswara selaku yang mewakili dari Pemerintahan Kabupaten Ciamis membantah terkait tanggapan tersebut.

    Dia menyebutkan ketidak hadiran Bupati Ciamis dalam aksi penyampaian aspirasi rakyat ini bukan karena beliau tidak mau membela masyarakat.

    Ciamis fokusjabar.id
    Ratusan warga Ciamis kembali lakukan aksi peduli kesehatan. (Foto: Budiana Martin)

    “Pertama karena tidak ada undangan dari DPRD kepada beliau untuk hadir pada kesempatan ini, kedua hari ini beliau sedang ada kegiatan di daerah Banjarsari,” kata dia.

    Disinggung terkait kesiapan Bupati Ciamis hadir pada pertemuan selanjutnya, Ika mengatakan dirinya belum bisa memastikan.

    “Karena itu tergantung undangan yang dilayangkan oleh Dewan itu sendiri,” kata dia.

    Sebelumnya Wakil Komisi D DPRD Kabupaten Ciamis Andang Irfan menjanjikan akan mengundang atau menghadirkan pihak-pihak terkait dalam persoalan buruknya layanan publik termasuk Bupati Ciamis.

    Namun, pada kesempatan aksi yang digelar hari ini pihak DPRD Ciamis memang tidak melayangkan surat undangan kepada Bupati Ciamis dengan dalih menjaga protokol kesehatan dalam situasi pencegahan penyebaran Covid-19.

    Selain itu, Ketua Komisi D DPRD Ciamis, Syarif menjanjikan akan mengahdirkan Bupati Ciamis pada pertemuan selanjutnya.

    “Namun terkait waktu saya yang menentukan, saya akan lobi dulu bupati agar dapat hadir dan memberikan solusi terkait persoalan ini,” kata dia.

    (Budiana Martin/Anthika Asmara)

     

    Berita Terbaru

    spot_img