spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Gempa Guncang Samosir, Diduga Akibat Swarm

    SAMOSIR,FOKUSJabar.id: Gempa berkekuatan magnitudo (M) 2,8 terjadi di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut), Jumat (11/6/2021) pukul 10.07 WIB.

    Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa yang terjadi di kedalaman gempa 1 km.

    “Pusat gempa berada di darat 8 km tenggara Samosir,” tulis BMKG.

    BACA JUGA: Ustaz Adi Hidayat Datangi Kabareskrim, Ada Apa?

    Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Deli Serdang Agus Riyanto mengatakan, gempa tersebut tergolong gempa dangkal.

    “Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal yang diduga akibat gempa bumi lokal berjenis swarm atau aktivitas gempa dengan magnitudo relatif kecil dengan frekuensi kejadiannya tinggi dan berlangsung dalam waktu yang relatif lama di wilayah sangat lokal yang terjadi di Kabupaten Samosir,” kata Agus Riyanto.

    Dia mengatakan episenter terletak pada koordinat 2,54 LU dan 98,75 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 8 km Tenggara Samosir. Dia mengatakan gempa dirasakan warga pada skala MMI II yang artinya getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan seperti lampu yang digantung bergoyang.

    “Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut,” kata Agus, seperti dilansir Detik.

    Agus juga mengatakan belum ada gempa bumi susulan yang terjadi. Dia meminta warga untuk tetap tenang dan memantau informasi resmi dari BMKG.

    “Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tuturnya.

    Selain itu, dia juga menyampaikan data gempa yang terjadi di wilayah Samosir dan sekitarnya sejak 18 Februari 2021 hingga 11 Juni 2021. Menurutnya, ada 243 kejadian gempa bumi dan tujuh gempa yang dirasakan warga.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img