spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Pulihkan Ekonomi, Kadin Genjot Kembali Para Pelaku UMKM di Indonesia

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Jabar dan Kota Bandung mencoba menggenjot kembali UMKM di tengah situasi pandemi Covid-19 dengan menggandeng Kadin Indonesia.

    Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang UMKM, Teguh Anantawikrama mengatakan, bahwa Indonesia dapat kembali bangkit melalui UMKM. Ada sebanyak 80 juta pelaku UMKM yang terdata di Indonesia yang secara murni memberikan efek pada kebangkitan perekonomian.

    “Kami libatkan BUMN-BUMN untuk membantu para pelaku UMKM, seperti dengan Pertamina, Angkasa Pura, hingga PLN sebagai penggenjot sektor ekonomi,” kata Teguh di di Gedung Kadin Kota Bandung Jabar Kamis (10/6/2021).

    Menurutnya, permasalahan yang seringkali ditemui oleh para pelaku UMKM, ialah masalah permodalan, pemasaran, dan digitalisasi. Sehingga, Kadin di situasi pandemi ini akan fokus menyelamatkan dahulu para usaha pelaku UMKM dan kemudian membesarkannya.

    BACA JUGA: Jelang Munas, Jangan Abaikan Proses Hukum di KADIN Jabar

    Kepala Kadin Jabar, Cucu Sutara pun mengamini apa yang dikatakan Teguh. Menurutnya, kadin memiliki tanggung jawab besar serta kewajiban untuk membantu UMKM di masa pandemi agar dapat terus bertahan dan diandalkan.

    “Tugas kami itu agar UMKM maju dan dapat naik kelas bukan hanya bertahan,” kata dia.

    Sementara itu, Ketua Kadin Kota Bandung, Iwa Gartiwa mengatakan, pihaknya mengaku telah mengimplementasikan arahan dari pusat, sebab Kota Bandung dikenal dengan produk UMKM yang penuh kreativitas dan luar biasa.

    “Tinggal tugas kami bagaimana memberikan edukasi kepada mereka untuk mengemas kemasannya agar lebih menarik dan lainnya, agar kualitas mereka lebih meningkat,” katanya.

    Tak hanya masalah kemasan, pihaknya pun menyebut permasalahan mereka ialah terkait digital marketing, serta proses percepatan perizinannya.

    “Banyak dari mereka itu masalahnya klasik yakni selain modal, ialah perizinan dan peningkatan kualitas serta managemen,” kata dia.

    Iwa menambahkan, produk UMKM di Kota Bandung masih didominasi oleh kuliner serta fesyen. Dia pun terus menekankan kepada para pelaku UMKM agar selalu memperluas jejaring guna mempermudah pemasaran produknya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara) 

    Berita Terbaru

    spot_img