spot_img
Selasa 22 Juni 2021
spot_img
spot_img

Pontensi Laut dan Pesisir Pantai di Jabar Harus Dikembangkan dan Dilestarikan

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pontensi laut di Jabar harus terus dikembangkan dan dilestarikan karena memiliki pantai Jabar 858.03 kilometer di utara dan selatan serta luas lautnya 1.399.485 hektare.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jabar Hermansyah mengatakan, dengan luas pesisir dan luas laut yang sangat  besar maka merupakan sumber daya yang apabila dikelola dengan baik akan menjadi sumber kehidupan masyarakat.

Selain itu Jabar memiliki 143.510 nelayan tersebar di 11 kab/kota yang memiliki pesisir.

“Nelayan sebanyak itu beserta keluarganya menggantungkan hidupnya di lautan, maka seyogianya kita mengelola laut dengan arif dan bijaksana agar berkelanjutan. Di masa depan diharapkan tidak ada lagi nelayan yang menggunakan alat tangkap tidak ramah lingkungan,” kata Hermansyah dalam peringatan hari laut internasional dengan tema ‘The Ocean: Life and Livelihoods’ atau ‘Laut: Hidup dan Mata Pencaharian’.

BACA JUGA: Ridwan Kamil Minta Kiai Ma’ruf Doakan Wagub Jabar Uu Sembuh Covid-19

 Selain itu, lanjut dia, di pesisir Jabar memiliki 81 destinasi wisata yang berhubungan langsung dengan laut dan di sana terdapat ribuan masyarakat yang menggantungkan hidupnya di laut.

Sejalan dengan itu Jawa Barat mencoba menjaga kelestarian laut salah satunya dengan menambah jumlah luasan kawasan konservasi laut sampai saat ini baru 104.567,82 hektare yang telah ditetapkan dan dicadangkan.

“Untuk menjaga ekosistem laut dilakukan juga perbaikan terumbu karang melalui transplantasi terumbu karang, merehabilitasi kawasan pesisir agar tetap bisa menjadi nursery ground bagi berbagai jenis ikan,” kata dia.

“Laut sebagai bagian kehidupan kita sudah selayaknya kita jaga. Kita jangan bosan mengedukasi masyarakat agar tidak buang sampah yang bermuara ke laut, tidak mengeksploitasi laut berlebihan dan mengembangkan destinasi wisata laut yang lebih ramah lingkungan. Selamat Hari Laut Sedunia, bersama kita wujudkan laut Jabar Juara,” kata dia menambahkan.

(Anthika Asmara)

Artikel Lainnya

spot_img