spot_img
Selasa 22 Juni 2021
spot_img
spot_img

Ini Loh 8 Manfaat Jawer Kotok untuk Kesehatan

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Jawer Kotok (Plectranthus scutellarioides) adalah tanaman semak dengan tinggi dapat mencapai 1,5 m. Daunnya dipercaya berkhasiat mengobati berbagai penyakit.

Jawer Kotok memiliki nama lain, yaitu Sigresing (Batak), Adong-adong (Palembang), Iler (Jawa Tengah), Ati-ati (Bugis) dan Serewung (Minahasa).

Jawer Kotok termasuk tanaman semusim berbatang lunak dengan bentuk percabangan monopodial. Daunnya merupakan daun tunggal berbentuk bulat telur.

BACA JUGA: 7 Cara Mengontrol Hipertensi Agar Tak Perlu Konsumsi Obat

Ujung daun meruncing dengan tepian rata dan pangkal yang tumpul. Pertulangannya menyirip dengan panjang 7-11 cm, lebar 5-7 cm, panjang tangkai ± 3 cm dan berwarna ungu.

Bunganya merupakan bunga majemuk berbentuk tandan di ujung batang. Kelopaknya berbentuk corong berwarna hijau muda. Mahkota bunga berbentuk bibir berwarna ungu keputih-putihan. Memiliki dua benang sari berwarna putih dan putik kecil yang berwarna ungu.

Buahnya yang masih muda berwarna hijau dan berubah coklat pada saat matang atau tua. Bentuknya kotak dan bulat dan mengandung biji kecil, pipih, mengkilat serta berwarna hitam.

Tanaman ini berakar tunggang dengan warna kuning keputih-putihan.

Berikut manfaat Jawer Kotok untuk Kesehatan:

  1. Obat Radang Telinga

Sediakan daun Jawer Kotok sebanyak setengah genggam dan air secukupnya. Silakan dihaluskan dan kemudian tambahkan juga tiga sendok makan air yang telah masak, lalu peras dan ambil airnya.

jawer kotok fokusjabar.id
Ilustrasi (foto web)

Air tersebut gunakan teteskan ke telinga yang terasa sakit 3 hingga 6 kali dalam satu hari.

  1. Ambeien dan Wasir

Ambil daun Jawer Kotok 12 lembar, sediakan pula 2 gelas air.  Daun tersebut direbus dalam dua gelas air, tunggu hingga mendidih dan sisakan sampai satu gelas. Kemudian minum air rebusan yang telah disaring minimal satu kali dalam sehari.

jawer kotok fokusjabar.id
(foto web)

  1. Keputihan

Sejumlah dua pertiga genggam daun Jawer Kotok yang telah dicuci direbus dengan menggunakan tiga gelas air. Sisakan air rebusannya sebanyak 3/4 gelas, dan tunggu hingga dingin.

jawer kotok fokusjabar.id
(foto web)

Setelah dingin, silakan saring dan kemudian minumlah bersama madu. Akan lebih baik dilakukan secara rutin sebanyak tiga kali dalam sehari hingga keputihan mereda.

  1. Terlambat Datang Bulan

Beberapa helai daun Jawer Kotok yang telah dibersihkan bisa langsung direbus dalam 2 gelas air, dan tunggu hingga menyisakan setengahnya. Setelah dingin, silakan saring, kemudian minum secara rutin sehari satu kali.

jawer kotok fokusjabar.id
(foto web)

  1. Bisul

Daun tanaman ini yang telah dibersihkan bisa diolesi minyak kelapa, kemudian digarang hingga hangat. Kehangatan daun tersebut bisa langsung ditempel pada bagian kulit yang berbisul.

  1. Sembelit

Sediakan 5 helai daun yang  telah dicuci bersih. Selanjutnya rebus menggunakan satu gelas air hingga tinggal tersisa setengahnya. Tunggu hingga dingin, kemudian saring dan beri satu sendok minyak kacang dan diminum.

jawer kotok fokusjabar.id
(foto web)

  1. Radang Usus

Guna meredakan radang pada usus, silakan ambil 12 helai daun Jawer Kotok segar, bawang merah yang disangrai sebanyak satu umbi, rimpang kunyit sejumlah 2 gramtanaman patikan cina segar 7 gram, menyan madu setengah gram, air 110 mililiter.

Semua bahan tersebut diramu menjadi satu, lalu diminum sebanyak 2 kali dalam sehari (pagi dan sore) dengan takaran setiap kali minum sejumlah 100 ml ataupun 1/4 cangkir.

  1. Sakit Mata/Mata Merah

Ada dua cara yang bisa ditempuh dalam mengobati sakit mata. Pertama bisa dengan cara diminum dan ditempelkan.

Sediakan 5 helai daun yang telah dicuci, kemudian rebus menggunakan segelas air. Sisakan sampai tinggal setengahnya. Lalu diminum.

jawer kotok fokusjabar.id
Ilustrasi (foto web)

Sediakan daun yang telah dicuci bersih, agak dihaluskan namun usahakan untuk tak menghancurkannya di bagian sisi tepi,  kemudian tempelkan pada bagian mata yang sakit.

Cara Menanam:

  • Gunakan Stek Batang

Paling mudah menanam dengan stek batang. Caranya, cukup gunting batangnya yang sudah cukup tua dengan ukuran 10 hingga 15 cm kemudian tancapkan pada media tanam.

Untuk pemilihan media tanam, sebenarnya tanaman ini bisa tetap hidup subur saat ditanam dalam tanah hitam saja. Hanya, akan lebih baik jika ditambahkan kompos atau pupuk kandang dalam media tanam.

Bahkan, ada juga yang menyarankan untuk menambahkan sekam bakar dalam campuran media tanamnya. Itu karena, tanaman miana tak terlalu tahan dalam media tanam yang terlalu basah.

Seperti tanaman lainnya, saat awal menanam sebaiknya diletakkan di tempat yang teduh hingga tumbuh akar baru dan cukup kuat terkena sinar matahari.

Cara merawat:

  • Siram Sehari Sekali

Mengenai perawatan, tanaman ini termasuk yang gampang rawat. Penyiraman cukup sehari sekali. Penyiraman yang terlalu berlebihan bisa membuat bagian batang rentan terserang jamur atau busuk batang.

Namun, kekurangan air bisa membuat tanaman layu. Jadi, sebaiknya memang menggunakan feeling untuk menentukan seberapa besar kebutuhan air pada tanaman tersebut.

  • Pangkas Bunga

Agar Jawer Kotok sehat, pemangkasan bunga yang keluar dari pucuk dahan sangat disarankan. Apalagi keindahan bukan terletak pada bunganya tapi motif daunnya.

Diharapkan, energi yang dikeluarkan untuk mengeluarkan bunga akan dialihkan untuk menumbuhkan cabang-cabang baru sehingga tanaman menjadi rimbun dan cantik. Semoga Bermanfaat!

(Bambang Fouristian/Berbagai sumber)

Artikel Lainnya

spot_img