spot_img
Senin 24 Juni 2024
spot_img
More

    7 Cara Mengontrol Hipertensi Agar Tak Perlu Konsumsi Obat

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Hipertensi terjadi karena tekanan darah sistolik di atas 130 mmHg, sedangkan tekanan darah diastolik mencapai 80 mmHg. Tergolong penyakit berbahaya dan pengidap tekanan darah tinggi tidak bisa disembuhkan.

    Tapi bukan berarti anda pesimis untuk hidup lebih baik. Tekanan darah tinggi tetap bisa dikendalikan, berikut beberapa cara mengontrol hipertensi.

    Jangan Abaikan, Perhatikan Tubuh Sejak Dini

    1. Hindari Garam Berlebihan

    Penderita wajib menghindari makanan yang mengandung kadar garam tinggi. Sebab kadar natrium bisa meningkat dalam sekejap, dan berimbas pada naiknya tekanan darah. Meskipun sudah mengonsumsi obat hipertensi, tetap saja asupan garam perlu dibatasi. Lebih baik ganti dengan buah dan sayur yang kaya serat, kalium, antioksidan, dan vitamin.

    2. Berat Badan Harus Ideal

    Obesitas bukan hanya menyebabkan tekanan darah tinggi, tapi juga memicu penyakit lain. Salah satu yang paling berbahaya ialah diabetes mellitus. Apabila penderita hipertensi bersamaan dengan diabetes, maka sulit kembali menjadi sehat. Oleh karenanya, anda dianjurkan untuk menjaga tubuh tetap ideal. Setiap turun 1 kg berarti menurunkan tekanan darah 1 mmgHg.

    3. Olahraga Teratur

    Cara mengontrol hipertensi ialah menerapkan olahraga rutin. Tidak perlu jenis olahraga berat, jogging pun turut mengatur tekanan darah normal. Boleh juga melakukan olahraga aerobic dengan durasi minimal 150 menit tiap satu minggu sekali. Jogging dapat anda lakukan pagi hari atau sore hari dengan durasi 30 menit.

    BACA JUGA: 7 Tips Menjaga Metabolisme Tubuh Tetap Kuat di Musim Pancaroba

    4. Manajemen Stres

    Pemicu stres bisa datang dari mana saja, sehingga tekanan darah naik lebih cepat. Maka dari itu, penderita hipertensi disarankan untuk kelola stres sebaik mungkin. Buat enjoy segala jenis pekerjaan dan masalah, supaya tidak terjadi komplikasi. Selain itu, cobalah teknik relaksasi seperti meditasi. Usahakan juga waktu tidur malam cukup yaitu 7-8 jam setiap hari.

    5. Berhenti Merokok

    Bagi perokok aktif cara mengontrol hipertensi paling ampuh ialah hindari kebiasaan perlahan. Pasalnya nikotin dapat merusak dinding pembuluh darah. Akibatnya pembentukan plank di pembuluh darah arterti jauh lebih cepat. Ganti rokok dengan permen jika mulut terasa pahit. Tidak perlu langsung dihindari, coba dulu merokok 2 kali seminggu.

    6. Jangan Minum Alkohol

    7 Cara Mengontrol Hipertensi Agar Tak Perlu Konsumsi Obat

    Sama seperti rokok, alkohol juga berpotensi meningkatkan tekanan darah. Kalau minum alkohol jumlah banyak dan rutin, maka tekanan darah sulit stabil. Bukan haya hipertensi, penderita bisa mengidap berbagai penyakit kronis berbahaya. Parahnya lagi apabila terjadi komplikasi, proses penyembuhannya harus ekstra ketat tapi belum tentu sehat kembali.

    Oleh karena itu, mulailah hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan buruk ini. Anda hanya perlu menguatkan niat untuk berhenti kecanduan alkohol. Cara mengontrol hipertensi ini setidaknya menormalkan tekanan darah. Daripada alkohol coba mulai konsumsi jus buah, atur pola makan, atau cari kegiatan positif.

    7. Cek Tekanan Darah Rutin

    Kontrol tekanan darah sangat penting guna mengantisipasi hal-hal buruk. Apabila dilakukan secara rutin anda bisa memantau kondisi kesehatan lebih detail. Mulai dari berapa tekanan darahnya, apa gejala yang muncul, hingga perkembangan penyakit lainnya. Dengan begitu penderita hipertensi benar-benar terpantau dan terkendali. Cek rutin ini bisa dilakukan minimal sebulan sekali.

    Tidak mudah bagi pasien hipertensi memiliki kesehatan yang stabil kembali. Namun bukan berarti tidak bisa, butuh perjuangan keras agar tekanan darah terus normal. Terutama mengontrol pola makan yang belakangan mungkin tidak beraturan. Perhatikan pula asupan gizi yang masuk, jam istirahat cukup, serta aktivitas fisik kuat. Dijamin hipertensi bukan lagi menjadi momok.

    (Antik Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img