spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Ciamis Duduki Peringkat Keempat Pendataan Keluarga Se-Jabar

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Ciamis meraih posisi ke empat besar se-Jabar dalam pendataan keluarga 2021 (PK21), karena telah melakukan pendataan keluarga 100 perseb selama bulan April hingga Mei.

    Pendataan keluarga 2021 (PK21) ini merupakan program Nasional dalam rangka pengumpulan data-data tentang pembangunan keluarga, kependudukan keluarga berencana dan anggota keluarga. 

    Kepala Dinas P2KBP3A,  Dian Budiyana mengatakan, dengan adanya pendataan keluarga 2021 ini. Nantinya data tersebut bisa dipakai untuk pembangunan keluarga, kependudukan keluarga. 

    “Kemudian, hasil pendataan ini juga nantinya datanya bisa dipergunakan oleh intasi lain yang membutuhkan terkait data penduduk,” katanya, Jumat (4/6/2021). 

    Dian menjelaskan, pendataan keluarga ini dimulai pada bulan April dan berakhir tanggal 31 Mei 2021. 

    BACA JUGA: 14 Ribu Siswa SMP di Ciamis Tunggu Pengumuman Kelulusan

    “Alhamdulilah dari target yang ditentukan kurang lebih sebanyak 404 ribu KK, kami telah melampauinya. Ini berkat kerja keras semuanya,” kata dia.

    Dian maenyampaikan, sebelumnya berada diperingkat 5. Namun, pada akhir bulan Mei naik menjadi urutan ke empat. Itu hasil yang luar biasa karena dari segi target KK, Kabupaten Ciamis lebih banyak dari pada daerah lainya.

    “Untuk petugas pendata sendiri kita menerjunkan sebanyak 3.267 orang yang disebar di Kabupaten Ciamis. Alhamdulilah, mereka menyelesaikan tugasnya dengan baik, sehingga data yang masuk bisa tepat waktu dan sesuai target,” kata Dian.

    Dian mengungkapkan, dalam pendataan penduduk 2021 ini, ternyata bukanlah hal yang mudah. Namun, tentunya dari keberhasilan saat ini ada beberapa masalah yang dilalui oleh para petugas.

    “Kendala itu banyak, karena dalam proses pendataan para petugas ada yang pakai online, hp ataupun formulir. Kemudian data tersebut direkap dan di upload ke kantor kadang-kadang servernya eror saat proses penguploadan,” katanya.

    Namun demikian, lanjut Dian, meskipun ada kendala seperti itu namun para petugas tetap sabar dan gigih, tidak gampang putus asa. Itu yang menjadikan Ciamis meraih peringkat keempat se-Jabar.

    “Mudah-mudahan saja kedepannya bisa lebih jauh dari yang sekarang. Namun, sekarang juga bagus prestasinya,” kata dia.

    (Riza M Irfansyah/Anthika Asmara)

     

    Berita Terbaru

    spot_img