spot_img
Rabu 17 April 2024
spot_img
More

    Tak Hanya Minuman Bersoda, Intip 5 Penyebab Asam Lambung Naik

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Asam lambung yang naik dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi. Umumnya, asam lambung ini memiliki peranan untuk membantu perut mencerna makanan. Akan tetapi, jika kondisi satu ini naik ke kerongkongan akan menyebabkan masalah kesehatan. Oleh karena itu, intip beberapa penyebab asam lambung naik.

    Hal yang Menyebabkan Asam Lambung Naik

    1. Meminum Minuman Bersoda

    Tak Hanya Minuman Bersoda, Intip 5 Penyebab Asam Lambung Naik

    Mengonsumsi minuman bersoda menjadi salah satu hal yang bisa memicu naiknya asam lambung. Meskipun minuman jenis ini memiliki mampu untuk melepas dahaga, akan tetap akan lebih mudah untuk membuat anda bersendawa. Oleh karena itu, akan membuat asam lambung menjadi meningkat sehingga anda perlu untuk menghindarinya.

    2. Memiliki Pola Makan yang Tidak Teratur

    Pola makan atau kebiasaan makan yang tidak teratur ternyata mampu membuat asam lambung meningkat. Untuk itu, sebaiknya anda tidak boleh makan dengan terburu buru. Selain itu, anda juga perlu untuk mengontrol porsi makan anda. Jangan sampai penuh atau melebihi porsi dari yang biasa anda makan.

    hal ini disebabkan ketika perut terlalu penuh karena porsi makan yang berlebihan, kondisi tersebut dapat menjadi penyebab asam lambung naik. Sebaiknya, anda bisa mengonsumsi makanan secukupnya dan lebih sering. Tak hanya itu saja, makan dengan tidak terburu buru juga bisa mencegah terjadinya asam lambung meningkat.

    3. Rebahan Setelah Selesai Makan

    Ketika anda telah selesai makan, sebaiknya anda tidak langsung tidur ataupun berbaring di kasur. Sebaiknya, anda bisa duduk maupun berdiri kurang lebih selama dua hingga tiga jam sebelum berbaring tidur. Hal ini bertujuan agar gravitasi yang ada di asam lambung tetap berada di lambung dan tidak naik.

    BACA JUGA: 5 Cara Atasi Sakit Kepala Yang Dapat Mengganggu Aktivitas

    Dengan begitu, untuk menghindari naiknya asam lambung ada baiknya anda bisa mengatur jam makan dengan baik. Selain itu, anda juga perlu untuk menghindari untuk mengonsumsi cemilan atau makan makanan yang berat sebelum tidur. Sehingga nantinya anda tidak terburu buru tidur setelah selesai makan.

    4. Kebiasaan Merokok

    Merokok juga menjadi salah satu penyebab asam lambung naik yang perlu anda hindari. Hal ini dikarenakan efek nikotin yang ditimbulkan ketika merokok akan membuat otot halus yang berada di esofagus menjadi lebih rileks. Dengan begitu, akan membuat asam lambung menjadi naik. Oleh karenanya, untuk terhindar dari masalah ini sebaiknya anda mulai berhenti merokok.

    5. Memiliki Berat Badan Berlebih

    Ketika anda memiliki berat badan yang berlebih, ternyata hal ini juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan asam lambung meningkat. Sebab berat badan yang berlebihan akan mampu untuk mengacaukan fungsi dari otot halus yang mampu mencegah naiknya asam lambung ke kerongkongan.

    Otot halus yang berada di esofagus tersebut, nantinya akan mampu untuk terbuka di waktu waktu tertentu. Sehingga hal ini akan bisa menjadi penyebab asam lambung naik hingga ulu hati menjadi perih. Anda juga perlu untuk memperhatikan jenis makanan yang akan memicu kenaikan dari asam lambung. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk menjaga berat badan anda.

    Itulah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab naiknya asam lambung. Oleh karena itu, anda pun bisa menjaga gaya hidup yang sehat agar bisa terhindar dari penyakit satu ini. sebab, penyakit asam lambung akan mampu menghambat berbagai aktivitas yang bisa anda lakukan dalam kehidupan sehari hari. Dengan menerapkan hidup sehat dan juga pola makan yang teratur akan mampu mencegahnya.

    (Antik)

     

    Berita Terbaru

    spot_img