spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    37 Warga Muktisari Banjar Keracunan Makanan Hajatan

    BANJAR,FOKUSJabar.id: Puluhan warga Kota Banjar Jawa Barat (Jabar) keracunan makanan setelah menghadiri hajatan pernikahan di lingkungan Babakan, Kelurahan Muktisari, Kecamatan Langensari.

    Mereka merasakan sakit perut dan muntah-muntah setelah menyantap soto di hajatan pernikahan dan khitanan.

    Menurut salah satu korban, Dewi (43), warga Kelurahan Muktisari, dirinya merasakan sakit perut dan muntah-muntah setelah beberapa jam pulang dari hajatan tetangganya.

    BACA JUGA: Tak Hanya di Indonesia, di Negara Lain Keberadaan Kadin Lebih dari 1

    Dia menyebutkan, pada pukul 13.00 WIB dirinya mendatangi hajatan nikahan kemudian pukul 13.30 WIB mendatangi hajatan khitanan di lingkungan yang sama pada Minggu (23/5/2021) kemarin.

    “Saya merasakan sakit jam empat, beberapa jam setelah pulang dari hajatan kemarin. Yang dirasakan sakit perut dan muntah-muntah. Saya makan soto di hajatan tetangga,” ungkapnya saat ditemui di RSUD Kota Banjar, Senin (24/5/2021).

    Dewi mengatakan, memang saat hendak memakan soto merasakan aroma kurang sedap.

    “Sambal sama mienya memang tidak enak,” kata dia.

    Setelah merasakan sakit yang luar biasa, dirinya langsung mendatangi UPTD Puskesmas Langensari. Namun karena keterbatasan alat pelayanan, dirinya langsung dilarikan ke RSUD Kota Banjar.

    “Awalnya saya berobat ke Puskesmas, tapi di sana tidak sanggup katanya tidak ada alat untuk mengeluarkan racunnya dan saya ke RSUD,” terang dia.

    Kapolsek Langensari, AKP Sarbini mengatakan, terdapat 37 warga di Kelurahan Muktisari yang mengalami gejala yang sama.

    Pihaknya menduga keracunan makanan ini disebabkan dari olahan makanan yang dijadikan bumbu pada sajian yang dihidangkan dalam hajatan tersebut.

    “Saat ini semua warga yang keracunan telah mendapatkan perawatan. Di RSUD Banjar 3 orang, 1 orang di Puskesmas Langensari 2, RS. Mitra Idaman dan lainnya menjalani perawatan di rumahnya masing-masing,” kata dia.

    “Kami pun saat ini sedang melakukan oenyelidikan lebih lanjut terkait kejadian ini,” singkat Kapolsek. 

    (Budiana Martin/Bambang)

     

    Berita Terbaru

    spot_img