spot_img
Selasa 22 Juni 2021
spot_img
spot_img

Ridwan Kamil Apresiasi Kolaborasi JQR dan Baznas Dalam Menangi Masalah Kemanusiaan

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Gubernur Jabar Ridwan Kamil Apresiasi langkah kerjsama antara Badan Amil Zakat Nasional bersama Jabar Quick Response (JQR) dalam percematan penanganan kemanusiaan untuk memperkecil tingkat kesenjangan di masyarakat.

Selain spirit kolaborasi yang diusung kedua lembaga tersebut,  penanganan dalam pendistribusian bantuan kepada warga tidak mampu dapat dilakukan secara cepat, tepat dan terukur.

“Sepanjang bulan Ramadan ini, JQR dan BAZNAS Jabar terus mempercepat pendistribusian bantuan untuk para warga Jabar yang membutuhkan. Target penyaluran bantuan ini adalah para mustahik yang tersebar di 27 Kabupaten/Kota di Jawa Barat,” kata  Ketua Umum Jabar Quick Response Bambang Trenggono seusai Garakan Berbagi Menuju Rakyat Madani (Gerobak Ramadan) di Gor Saparua Kota Bandung Jumat (7/5/2021).

Sementara itu Ketua BAZNAS Jabar Anang Jauharudin mengatakan, bahwa JQR dan BAZNAS Jabar memiliki kesamaan visi dan misi dalam menuntaskan masalah sosial dan kemanusiaan di Jawa Barat.

“Dalam rangka menuju Jabar Juara lahir batin, kami berkolaborasi dengan Jabar Quick Response agar tercapai sasaran penerima bantuan yang lebih luas dengan proses pendistribusian bantuan yang lebih tepat sasaran,” katanya.

BACA JUGA: Ridwan Kamil Minta Segera Dua Kepala Daerah Turunkan Angka Covid-19

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengapresiasi langkah yang dilakukan JQR dan BAZNAS Jabar yang melakukan kolaborasi dalam menuntaskan masalah sosial kemanusiaan di Jawa Barat.

“Isu-isu kemanusiaan akan selalu hadir, BAZNAS Jabar dan JQR adalah unit kerja yang tugasnya untuk menolong manusia,” kata dia.

Kepada BAZNAS Jabar dan Jabar Quick Response, Dia berharap agar kedua lembaga tersebut dapat terus berinovasi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang menbutuhkan.

Gerobag Ramadan

Di bulan Ramadan ini, JQR bersama dengan BAZNAS Jabar menggelar acara ‘Gerobag Ramadan’ (Gerakan Berbagi Menuju Masyarakat Madani) yang bertempat di GOR Saparua, Kota Bandung.

Acara yang dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan seluruh Pimpinan BAZNAS Jabar ini juga turut mengundang 35 anak yatim, 10 lansia dan 5 perwakilan dari supir angkutan umum yang terdampak kebijakan pengetatan mudik lebaran tahun ini.

Menurut Karlina Berlianti, penanggung jawab acara ‘Gerobag Ramadan’, acara ini digelar sebagai upaya untuk memuliakan para dhuafa sekaligus membahagiakan anak yatim terutama pada momen bulan suci Ramadan dimana bagi umat Islam merupakan bulan yang penuh keberkahan, ampunan dan rahmat serta kasih sayang Allah SWT.

“Gerobag Ramadan ini adalah sebuah upaya dari kami (JQR dan BAZNAS Jabar) untuk turut berbagi kebahagiaan bersama kaum dhuafa dan anak yatim. Kami juga berharap dengan adanya Gerobag Ramadan ini, masyarakat luas turut terpanggil untuk lebih peduli dengan keberadaan mereka,” kata Ridwan Kamil. 

Selain menggelar acara ‘Gerobag Ramadan’ untuk para dhuafa dan anak yatim, Jabar Quick Response juga menjalankan beberapa program lain, diantaranya Program 3000 Wakaf Qur’an, Paket alat sekolah dan program santunan untuk anak yatim, juga pembagian 6000 paket makanan berbuka untuk panti asuhan dan panti jompo di wilayah Bandung Raya.

(Anthika Asmara)

Artikel Lainnya

spot_img