spot_img
Kamis 6 Mei 2021
spot_img
spot_img

Bank bjb Proyeksikan Rp15,1 T Selama Ramadan dan Idul Fitri 2021

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Selama Ramadan dan menjelang Idul Fitri 1442 H, bank bjb memproyeksikan kebutuhan uang tunai Rp15,1 trilyun.

Dana tersebut akan dialokasikan untuk pemenuhan kebutuha operasional dan ketersediaan dana ATM di seluruh jaringan kantor bank bjb di 14 provinsi di Indonesia.

“Dari jumlah tersebut, Rp9,3 trilyun akan dialokasikan untuk operasional dan Rp5,8 trilyun untuk ketersediaan dana di ATM,” kata Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto di Bandung, Rabu (28/4/2021).

Persiapan dana pada periode Ramadan dan Idul Fitri 2021 itu dilakukan sebagai langkah antisipasi terhadap tren kebutuhan uang di kalangan masyarakat, terlebih menjelang lebaran yang relatif meningkat.

Bank bjb
Bank bjb Proyeksikan 15 T lebih selama Ramadan dan lebara 2021 (foto IST)

BACA JUGA: Bank BJB Melayani Pembayaran Online Perumda Tirta Anom Banjar, Ini Caranya

Widi mengatakan bahwa jumlah dana yang disalurkan telah disesuaikan dengan proyeksi kebutuhan selama Ramadan dan Idul Fitri 1442 H.

Diperkirakan, volume transaksi melalui ATM bank bjb maupun pengambilan uang tunai di jaringan kantor bank bjb akan meningkat di periode tersebut. 

“bank bjb telah mempersiapkan dana likuiditas yang bisa dicairkan untuk memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat selama Ramadan dan pada saat Idul Fitri 2021. Kami berharap dana itu bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh masyarakat,” kata dia.

Selain itu, penyediaan dana likuiditas pun bertujuan untuk menunjang kebutuhan keuangan daerah. Termasuk sebagai stimulus di tengah situasi pandemi yang masih berlangsung.

Oleh karenanya, bank bjb tetap menerima layanan penukaran uang (termasuk penukaran Uang Peringatan Khusus 75 Tahun Republik Indonesia) selama bulan Ramadan 1442 H di seluruh jaringan kantor bank bjb sepanjang kuota penukaran masih tersedia. Pelayanan penukaran dilaksanakan dengan memperhatikan standar protokol kesehatan COVID-19 secara ketat.

Meskipun telah mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai di masyarakat, bank bjb tetap mengimbau masyarakat untuk mengoptimalkan transaksi digital melalui channel-channel yang telah tersedia.

Nasabah bank bjb bisa dengan mudah menggunakan layanan non operasional kantor dengan e-channel seperti bjb ATM, bjb EDC, bjb DigiCash, bjb Digi (bjb Mobile, bjb NET, bjb SMS).

Seluruh layanan e-channel ini menyediakan sarana yang memungkinkan nasabah bertransaksi berbagai keperluan tanpa harus ‘kontak fisik’, atau bahkan beranjak dari tempat.

Layanan perbankan yang dapat diakses lewat e-channel bank bjb meliputi pengecekan saldo, transfer uang, pembayaran air, telepon, kartu kredit, televisi berlangganan, internet, isi ulang pulsa dan lainnya.

“Layanan ini memberikan kenyamanan dan keamanan kepada nasabah untuk bertransaksi di masa pandemi. Kami juga mengimbau kepada nasabah yang menggunakan layanan e-channel untuk tetap waspada terhadap modus-modus penipuan dan jangan pernah memberikan data-data seperti nomor PIN, CVV dan OTP kepada siapapun,” kata dia.

Widi pun mengimbau agar masyarakat berhati-hati terhadap segala upaya penipuan yang mengatasnamakan bank bjb.

“Seluruh bentuk informasi seputar promo, produk dan layanan, program maupun informasi lainnya akan diinformasikan secara resmi pada channel komunikasi resmi bank bjb,” kata Widi.

Adapun kontak-kontak resmi bank bjb yang dapat diakses masyarakat meliputi call center bjb call 14049, Twitter @infobankbjb, Instagram @bankbjb, Facebook @bankbjb, e-mail [email protected] dan laman web www.bankbjb.co.id.

(LIN)

Artikel Lainnya

spot_img