spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Berawal Dari Segelintir Anak, Aksi Galang Dana Beli Kapal Selam Baru Kini Semakin Menyebar Luas

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Baru satu hari di deklarasikan, gerakan galang dana atau patungan membeli kapal selam baru pengganti KRI Nanggala 402 sudah tembus Rp 300 juta. Masyarakat begitu antusias untuk melakukan penggalangan dana agar segera terwujudnya kapal selam baru yang bisa memperkuat sistem alutsista TNI Angkatan Laut.

    Diketahui, gerakan galang dana tersebut awal mulanya di deklarasikan oleh sekumpulan anak muda di pasar sore Ramadhan Jogokariyan pada hari Minggu (25/4/2021) dan dilanjutkan oleh takrim Masjid Jogokariyan.

    Ketua takmir Masjid Jogokariyan, Muhammad Jazir ASP, mengatakan bahwa, donasi yang digelar oleh pemuda di pasar sore Ramadhan Jogokariyan tersebut telah terkumpul sebanyak Rp 6,5 juta untuk pembelian kapal selam baru.

    Jazir mengungkapkan bahwa sampai hari Selasa, 27 April 2021 sudah terkumpul uang sebesar Rp 365 juta dari hasil donasi dari donatur dan masyarakat.

    BACA JUGA: Sejumlah Organisasi Mahasiswa di Pangandaran Galang Dana

    “Pada hari Selasa, donasi gerakan patungan membeli kapal selam baru pengganti KRI Nanggala 402 sudah tembus Rp 300 juta-an, masyaallah” ucap ketua takmir Masjid Jogokariyan, Muhammad Jazir ASP, saat di konfirmasi wartawan, Selasa (27/4/2021).

    Melihat respon masyarakat sangat antusias untuk berdonasi membeli kapal selam baru, Jazir telah membuat rekening khusus khusus untuk orang yang akan berdonasi.

    “Rekening itu diatasnamakan masjid, berapapun donasi yang kami terima akan kami berikan untuk membeli kapal selam baru. Tapi jika donasi dalam rekening itu mencapai target dari harga kapal selam, kami akan langsung membelinya dari PT PAL, jika tidak tercapai kami akam kasih ke angkatan laut” tandasnya.

    Jazir mengatakan bahwa harga satu buah kapal selam baru yang memiliki kemampuan sama dengan KRI Nanggala 402 yaitu Rp 4,7 triliun.

    “Dari informasi yang kami himpun, katanya kapal sel yang sama dengan KRI Nanggala jika beli nya di luar negeri Rp 4,7 triliun. Jika dibuat oleh PT PAL, dari Informasi yang kami terima harganya yaitu berkisar Rp 1,7 triliun. Itu baru perkiraan, belum kami tanyakan langsung” ungkapnya.

    Dalam hal membeli kapal sel baru untuk pengganti KRI Nanggala 402, Jazir optimis bahwa penggalangan dana tersebut akan mencapai targetnya.

    “Ya mudah-mudahan bisa tercapai targetnya (Rp 1,7 triliun), jika kita hitung hitungan kalau saja 30 persen dari seluruh rakyat Indonesia menyumbang Rp 1 juta juga udah dapet” paparnya.

    (Fauza/Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img