spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Pemilu Ketua IA ITB Didukung Seskab Jokowi dan Rektor ITB

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kongres Nasional X dan Pemilihan Ketua Umum IA ITB 2021 yang pada 16-17 April mendapat dukungan dari Sekretaris Kabinet (Seskab) Pemerintahan Joko Widodo-Maruf Amin, Pramono Anung (alumni ITB), dan Rektor ITB Reini Wirahadikusumah. Dukungan ini diberikan langsung saat keduanya hadir secara virtual dalam acara tersebut.

    Dalam sambutannya, Pramono mengajak seluruh alumni ITB untuk berpartisipasi aktif dalam pemilihan ketua IA ITB periode 2021-2026 meski saat ini masih pandemi virus Corona. Terlebih, para alumni bisa tetap memilih meski tidak bisa hadir langsung di Bandung mengingat sistem pemilihan yang berbasis internet.

    “Jarak, waktu, ruang tak bisa memisahkan kita sebagai alumni, tetap bisa berdemokrasi, bisa memilih siapa yang terbaik untuk memimpin,” kata Pramono.

    Dia juga mengapresiasi penggunaan sistem i-voting ini karena menegaskan keberadaan ITB sebagai salah satu kampus yang mata kuliah utamanya tentang teknologi.

    Dengan penggunaan teknologi, menurut dia, akan meningkatkan angka partisipasi pemilih dalam setiap ajang demokrasi.

    “Kita sudah sangat dewasa dalam berdemokrasi,” kata dia.

    BACA JUGA: IA ITB 2021 Digelar Secara Daring

    Sementara itu, Rektor ITB Reuni Wirahadikusumah mengajak alumninya untuk menjaga nama baik almamater termasuk dengan berkontribusi terhadap pembangunan bangsa dan negara.

    “Senat ITB telah menuangkan tujuan hubungan ITB dan alumninya juga karakter-karakter yang diharapkan dari alumni ITB yang di antaranya pengabdian dan wawasan kebangsaan yang tinggi dalam suasana kebinekaan,” kata Wirahadikusumah.

    IA ITB
    Ketua IA ITB periode 2016-2021 Ridwan Djamaluddin saat menyerahkan dokumen laporan pertanggungjawaban kepada pengurus daerah dan komisariat IA ITB yang hadir di Gedung MWA ITB, Bandung, Jumat (foto IS)

    Pihaknya pun mengajak agar alumni menyebarkan valie ITB dalam keharmonisan, bersama-sama menghadapi masa sulit.

    “Dan dalam keharmonian kita maju bersama,” kata dia.

    Ketua Umum IA ITB periode 2016-2021 Ridwan Djamaluddin menyampaikan laporan pertanggungjawaban di hadapan ribuan peserta yang hadir secara hybrid. Di antara kegiatan yang sudah dilakukan pengurus IA ITB kepemimpinannya, adalah kunjungan ke Presiden Joko Widodo dan turut berperan aktif dalam pembangunan nasional.

    “Kami juga mendukung reindustrialisasi mengawal produk teknologi anak bangsa lewat ajang Indonesian is Me Summit,” kata Ridwan.

    Pihaknya pun aktif dalam inovasi dan penguasaan teknologi seperti dengan menyelenggarakan I-tech forum. Tidak hanya itu, selama kepemimpinan Ridwan alumni pun aktif dalam kegiatan sosial seperti donor darah, dan membantu korban bencana.

    “Kami juga menggelar latihan kepemimpinan berwawasan kebangsaan Lemhanas. Juga menggerakan sinergi muda alumni ITB, kolaborasi global dengan alumni MIT dan turut menginisiasi pembentukan Komisariat IA Brussel dan dua komisariat lainnya di Eropa,” kata dia.

    Paparan Ridwan diapresiasi hampir semua perwakilan, seperti dari Aceh, Batam, Riau, Sumatera Utara, Sulawesi Utara, Papua, hingga Eropa. Kinerja dan capaian pengurus IA ITB periode 2016-2021 dianggap baik dengan penilaian solid dari semua pihak terkait.Terlebih dengan adanya peningkatan nilai aset yang cukup signifikan dari Rp4,6 milyar menjadi Rp8,8 milyar.

    Atas semua itu, laporan pertanggungjawaban diterima secara aklamasi oleh seluruh perwakilan yang hadir dan disahkan oleh pimpinan sidang. Pada kongres inipun, dihadiri notaris untuk mengesahkan hasil pemilihan ketua umum yang baru.

    “Sehingga hasil-hasil kongres bisa langsung disahkan dan dibuatkan aktanya untuk didaftarkan ke Kemenkumham,” kata dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img