spot_img
Minggu 9 Mei 2021
spot_img
spot_img

BPSDM Jabar Resmi Jadi Coorporate University

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) sah ditunjuk menjadi Corporate University dari Kemendagri dan Kemen PAN RB. Tidak hanya itu, BPSDM pun diberi mandat sebagai penanganan dan penanggulangan selama masa pandemi.

Ketua Komisi I DPRD Jabar Bedi Budiman mengatakan, aset BPSDM saat ini tengah dipersiapkan (transisi) pada kondisi normal. Sehingga perlu persiapan untuk mengembalikan fungsi BPSDM sebagai lembaga pelatihan dan sebagai Corporate University.

“Aset BPSDM ini digunakan juga untuk membantu penanganan Covid-19. Sekarang harus dipersiapkan masa transisinya seperti apa, sehingga fungsinya kembali normal sebagai lembaga pelatihan,” kata Bedi saat mengunjungi BPSDM Provinsi Jawa Barat, di Kota Cimahi, Senin (12/4/2021).

BACA JUGA: 86 OTG asal Jabar Diisolasi di Gedung BPSDM

Menurut dia, BPSDM harus terangkai utuh dalam hal pembinaan birokrasi mulai dari biro organisasi yang menyusun formasi struktur.

Lalu Badan Kepegawaian Daerah (BKD) yang menempatkan sumber daya manusia dan BPSDM sebagai pelatihnya harus menjadi satu rangkaian, meskipun ada satu misi gubernur yang mengusung Jabar Juara yang harus ditopang oleh peran birokrasi dari para ASN.

“Harus menjadi satu kesatuan dan bersinergi antara biro organisasi, BKD dan BPSDM,” kata dia.

Selain itu, BPSDM juga harus mampu menjawab pelatihan-pelatihan maupun mandat dari kebutuhan serta keinginan masa depan. Misalnya profil pemerintahan di era sistem pemerintahan berbasis digital. Di sis lain, peran anggota DPRD Jabar pun harus bisa melihat situasi kebutuhan adanya softskill dan hardskill pada ASN di setiap OPD.

ASN pun, kata dia, harus bisa membuat inovasi SDM, dan jangan hanya ikut dalam pelatihan saja. Dengan kata lain, ASN sebagai penjamin negara harus mampu menjawab tantangan zaman.

(LIN)

Artikel Lainnya

spot_img