spot_img
Selasa 13 April 2021
spot_img
spot_img

Kota Bandung, Juara Umum Kejuaraan Panahan Piala Gubernur Jabar 2021

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kota Bandung memastikan sebagai juara umum pada Kejuaraan Panahan Tingkat Senior Piala Gubernur Jawa Barat tahun 2021 yang ditutup secara resmi oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jabar, Engkus Sutisna di lapangan Pajajaran, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Minggu (4/4/2021).

Kepastian Kota Bandung merebut titel juara umum ditentukan dari nomor Barebow yang digelar pada hari terakhir, Minggu (4/4/2021). Dari nomor barebow, Kota Bandung menambah satu medali emas, dua medali perak, dan dua medali perunggu.

Medali emas penutup bagi Kota Bandung di even bertajuk Piala Gubernur Jawa Barat tahun 2021, disumbangkan Eka Kartika Zen di nomor Barebow Women. Eka melaju mulus sejak babak 16 besar usai mengalahkan Siti Savira Khaerunnisa (Kab. Cirebon) dengan skor 6-0.

Lalu mengalahkan pemanah KBB, Annisa Dewaningrum dengan skor 6-2 di babak perempatfinal dan mengalahkan rekan se-kota, Renny Abrianti dengan skor 6-2 di babak semifinal.

Di babak final, Eka kembali berhadapan dengan rekan satu kota, Sri Sulastri. Perjuangan Eka Kartika untuk meraih medali emas tidak mudah dan sempat kalah di dua seri meski akhirnya menang dengan skor 6-4.

BACA JUGA: Puluhan Bikers Sunmori Berknalpot Bising Terjaring Razia di Lembang

fokusjabar.id kota bandung panahan piala gubernur jabar
Final nomor Barebow Men Kejuaraan Panahan Tingkat Senior Piala Gubernur Jawa Barat 2021. (FOTO: Ageng)

Sedangkan di kelompok putra, pemanah Kota Bandung, Novel Said Fakhriza justru gagal menyandingkan medali emas nomor Barebow. Novel harus mengakui keunggulan pemanah Kota Cimahi, Eman Sulaeman.

Sempat tertinggal 0-2 dan membalikkan skor dengan unggul 5-3, Novel justru gagal melepaskan satu anak panah di seri kelima sehingga membuat skor imbang 5-5. Pada seri terakhir dengan kesempatan satu anak panah atau shoot out, Novel harus mengakui keunggulan Eman sehingga menyerah dengan skor akhir 5-6 dan merelakan medali emas nomor Barebow Men diambil Kota Cimahi.

Meski demikian, Kota Bandung tetap memastikan sebagai juara umum Kejuaraan Panahan Tingkat Senior Piala Gubernur Jawa Barat tahun 2021 setelah raihan medali mereka tidak terkejar kontingen lainnya. Kota Bandung mengoleksi tiga medali emas, tiga perak dan tiga perunggu.

Posisi runner up ditempati Kota Depok dengan raihan dua medali emas dan satu medali perunggu. Diikuti Kota Cimahi dengan raihan dua medali emas diposisi ketiga.

fokusjabar.id kota bandung panahan piala gubernur jabar
Kepala Dispora Jabar, Engkus Sutisna. (FOTO: Ageng)

Kepala Dispora Jabar, Engkus Sutisna mengaku sangat mengapresiasi gelaran kejuaraan bertajuk Piala Gubernur Jawa Barat tahun 2021 yang digelar di dua cabang olahraga. Dan cabang olahraga panahan pun menjadi penutup kejuaraan Piala Gubernur Jawa Barat di tahun 2021.

“Untuk kejuaraan Piala Gubernur Jawa Barat di tahun 2021 ini, kita hanya menggelar di dua cabang olahraga karena ketebatasan anggaran yang kami miliki. Selain panahan, juga di cabang olahraga menembak yang sudah digelar terlebih dahulu,” kata Engkus.

Dari dua gelaran Piala Gubernur Jawa Barat, kata Engkus, sangat disambut antusiasi peserta. Hal ini gayung bersambut dengan harapan Pemprov Jabar yang ingin terus mengembangkan olahraga prestasi.

“Dua gelaran ini disambut baik atlet, pengurus cabor, hingga stake holder terkait. Selain gelaran kejuaraan, Dispora Jabar pun melakukan bimtek terkait penyelenggaraan even cabang olahraga karena Jabar akan menggelar Porprov Jabar pada tahun 2022 mendatang, termasuk peningkatan kualitas pelatih, wasit dan juri melalui berbagai pelatihan,” Engkus menuturkan.

Untuk tahun 2022, kata Engkus, pihaknya belum memastikan belum jumlah cabang olahraga yang akan menggelar even kejuaraan bertajuk Piala Gubernur Jawa Barat. Selain akan digelar Porprov Jabar XIV Jabar pada tahun 2022, juga terkait dengan ketersediaan anggaran yang dimiliki.

“Tapi intinya, Pemprov Jabar melalui Dispora Jabar akan selalu berupaya memberikan dukungan bagi pengembangan olahraga prestasi di Jabar. Dua gelaran kejuaraan yang sudah digelar tahun ini menjadi bukti meski dari sisi ketersediaan anggaran cukup minim, termasuk untuk kegiatan Jabar International Marathon yang akan digelar akhir tahun 2021,” kata Engkus.

BACA JUGA: Kota Bandung Pimpin Klasemen Kejuaraan Panahan Piala Gubernur Jawa Barat 2021

https://fokusjabar.id/wp-content/uploads/2021/04/Ketua-Umum-KONI-Jabar-Ahmad-Saefudin.jpeg
Ketua Umum KONI Jabar, Ahmad Saefudin

Apresiasi serupa diungkapkan Ketua Umum KONI Jabar, Ahmad Saefudin dengan gelaran kejuaraan Piala Gubernur Jawa Barat di cabang olahraga panahan. Dari sisi jumlah peserta yang berpartisipasi sebanyak 400 lebih, menjadi bukti antusias atlet dan kota/kabupaten mengikuti kejuaraan.

“Kita sangat berterimakasih kepada Pemprov Jabar melalui Dispora Jabar atas even bertajuk Piala Gubernur Jabar yang digelar di dua cabang olahraga. Dalam dua tahun ini, kita memang sangat miskin even kejuaraan untuk menelusuri dan menguji hasil latihan atlet sehingga even seperti ini sangat bermanfaat bagi KONI Jabar maupun cabang olahraga,” kata Ahmad.

Ahmad berharap, gelaran even seperti ini bisa digelar di lebih banyak cabang olahraga pada tahun 2022. Pasalnya, gelaran kejuaraan dengan tajuk Piala Gubernur Jawa Barat memiliki prestise dan daya tarik tersendiri bagi pada atlet maupun kota/kabupaten.

“Kita harap di tahun 2022, cabang olahraga unggulan Jabar bisa menggelar even seperti ini karena punya daya tarik dan motivasi berbeda bagi cabang olahraga. Apalagi sekitar 40 persen atlet yang berpotensi meraih medali emas di PON XX, kemungkinan tidak bisa turun bertanding di PON XXI tahun 2024 mendatang sehingga dibutuhkan kaderisasi,” kata Ahmad.

(Ageng)

Artikel Lainnya

spot_img