spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Jadi Pengurus Parpol, Ketua Apdesi Jabar Minta Wali Kota Banjar Copot Jabatan Kades

    BANJAR,FOKUSJabar.id: Kepala Desa (Kades) Raharja, Kecamatan Purwaharja, Yayat Ruhiyat terpilih menjadi Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kota Banjar Jawa Barat (Jabar) 2021-2026.

    Dalam pemilihan yang digelar di Aula Somahna Bagja di Buana Setda Kota Banjar, Yayat unggul dari pesaingnya Asep Hendra Kades Sinartanjung, Kecamatan Pataruman.

    Yayat mengatakan, terpilihnya menjadi Ketua Apdesi merupakam amanah yang perlu dipertanggung jawabkan untuk bisa membangun tatanan desa ke depan lebih baik.

    BACA JUGA: Sinergi Pemerintah Dengan Masyarakat Dapat Tingkatkan Budaya Literasi di Indonesia

    “Insya Allah, kita ingin membangun kebersamaan atau sinegritas dalam membangun tatanan pemerintahan desa di Kota Banjar untuk mencapai apa yang menjadi harapan masyarakat yaitu kesejahteraan,” ungkapnya pada wartawan, Rabu (24/3/2021).

    Wali Kota Banjar, Ade Uu Sukaesih mengatakan, Musyawarah Cabang (Muscab) DPC Apdesi tersebut mampu melahirkan gagasan yang cemerlang demi kemajuan daerah yang dipimpinnya.

    “Banjar ini memiliki 16 Desa yang mana dengan adanya Apdesi difokuskan pada pembangunan kawasan desa, karena itu hisa membantu pembangunan daerah,” katanya.

    Sementara itu, Ketua DPD Apdesi Jabar, Dede Kusdinar mengatakan, Desa di Kota Banjar menjadi tolak ukur lahirnya UU Desa tahun 2015.

    “Sebelum UU Desa tahuh 2015 diterbitkan,,Desa di Kota Banjar sudah lebih lama mengelola anggaran melebihi Rp1 milyar,” tuturnya.

    Dia berharap, Ketua Apdesi terpilih bisa memfasilitasi program kemajuan desa ke eksekutif dan legislatif.

    Selain itu, Dede meminta Wali Kota Banjar untuk menegaskan bahwa jangan ada Kades yang menjadi anggota Partai Politik (Parpol).

    “Bu Wali harus mencopot jabatan Kades jika mereka terlibat dalam keanggotaan Parpol. Itu ada aturannya yang melarang aktif menjadi pengurus Parpol,” pungkasnya.

    (Budiana Martin/Bambang)

    Berita Terbaru

    spot_img