spot_img
Sabtu 17 April 2021
spot_img
spot_img

12 Cara Mudah Usir Tikus di Dalam Rumah

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Suku Tikus-tikusan (Muridae) adalah salah satu famili hewan pengerat dari ordo Rodentia. Spesies yang paling dikenal adalah Mencit (Mus spp.) serta tkus got  (Rattus norvegicus) yang ditemukan hampir di semua Negara.

Tikus tidak ditemukan di Antartika atau pada banyak pulau yang terletak di tengah samudera. Meskipun tidak satupun dari mereka berasal dari Amerika, beberapa spesies, terutama tikus rumah dan tikus hitam, telah tersebar ke seluruh dunia.

tikus fokusjabar.id
(foto web)

Hewan pengerat ini menempati berbagai ekosistem dari hutan tropis hingga tundra. Terdapat pula spesies yang hidup sepenuhnya di dalam tanah (fossorial), di atas pepohonan (arboreal) dan semiakuatik, tetapi sebagian besar merupakan hewan terestrial (hidup di atas tanah).

BACA JUGA: Ini Loh 7 Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan

Binatang ini menjadi salah satu binatang yang kerap dibasmi oleh masyarakat karena kerap mengganggu lahan pertanian dan kerap masuk ke dalam rumah.

Hal tersebut tentu sangat mengganggu penghuni rumah karena merusak, memakan dan mengotori. Berbagai upaya pun dilakukan untuk membasmi atau mengusirnya. 

Binatang pengerat ini sangat menggangu jika hadir di rumah karena dapat menyebabkan banyak penyakit. Seperti, Leptospirosis, Salmonellosis, Rat Bite Fever dan yang lainnya.

Belum lagi, ada penemuan virus baru, hantavirus. Hantavirus atau Hantavirus Pulmonary Syndrome adalah penyakit pernapasan yang sangat parah hingga bisa berakibat kematian.

Virus tersebut ditularkan dari tikus. Jika manusia bersentuhan dengan tikus yang memiliki Hantavirus, manusia tersebut akan memiliki risiko terinfeksi. 

Berikut tips mengusir Hewan Pengerat di dalam rumah:

  1. Kapur Barus

Cara mengusir yang pertama adalah menggunakan kapur barus yang dipercaya ampuh untuk mengusir binatang tersebut.

Letakkan beberapa kapur barus di tempat yang sering dilintasi hewan pengerat tersebut. Hindari menempatkan kapur barus di tempat yang mudah dijangkau anak-anak karena sangat berbahaya jika mereka memasukkan ke dalam mulutnya.

tikus fokusjabar.id
Kapur Barus (foto web)

Sebaiknya, jangan memegang kapur barus dengan tangan kosong ya. Gunakan sarung tangan agar lebih aman dan selalu ingat untuk mencuci tangan setelah menggenggamnya.

  1. Deterjen

Cara mengusir yang kedua, campur dua sendok deterjen dengan seperempat gelas air dan 2 cangkir amonia dalam mangkuk. Tempatkan pada tempat di mana binatang ini sering muncul.

Ramuan ini akan membuat binatang ini merasa nggak nyaman karena mereka tidak tahan dengan bau amonia.

tikus fokusjabar.id
Deterjen (foto web)

  1. Minyak Peppermint

Binatang pengerat tidak tahan bau peppermint. Jika ingin membunuhnya secara alami, celupkan bola kapas ke dalam minyak peppermint dan simpan di dekat lubang bnatang pengerat ini.

Bau mint itu sendiri akan mengecilkan paru-paru mereka dan dianggap bisa membunuhnya.

tikus fokusjabar.id
Minyak Peppermint (foto web)

  1. Potongan Rambut

Cara keempat mengusir hewan pengerat dengan potongan rambut karena mereka tidak tahan melihat rambut manusia.

Alasannya. karena biasanya cenderung menelan rambut yang bisa membunuhnya. Ini bisa menjadi cara efektif untuk mengusirnya.

tikus fokusjabar.id
Potongan Rambut (foto web)

Potong beberapa helai dan letakkan ke dalam lubang atau di tempat yang paling sering mereka kunjungi.

  1. Lada

Cara mengusir yang kelima adalah lada. Bau pedas dari lada akan membuat kesulitan bernapas.

Cukup taburkan lada yang dihancurkan di sekitar sudut dan lubang di mana mereka berada. Ulangi proses ini jika perlu.

  1. Daun Salam

Cara mengusir yang keenam adalah daun salam. Tikus menganggap daun salam sebagai makanan mereka dan tikus akan cenderung memakannya. Tapi, saat memakannya akan terbunuh.

Letakkan beberapa daun salam di daerah rawan tikus. Terus ulangi proses ini sampai semuanya hilang.

  1. Bawang

Bawang dipercaya sangat efektif untuk menyingkirkan binatang ini secara alami. Bau bawang bombay yang menyengat akan membuat tikus nggak lagi menghantui rumah.

Iris bawang dan simpan di dalam atau dekat lubang tempat mereka masuk ke dalam rumah.

  1. Bedak Bayi

Cara mengusir selanjutnya dengan bedak bayi. Meskipun metode ini tidak begitu efektif, namun perlu dicoba. Taburkan bedak bayi di sudut dan di sekitar area yang rawan binatang ini. 

Bubuk ini meracuni tikus dan membantu menyingkirkannya sampai batas tertentu.

  1. Kulit Durian

Jika kulit durian hanya bisa dianggap sebagai limbah sisaan setelah memakan dagingnya, Anda salah besar. Karena ternyata memiliki manfaat sebagai salah satu cara mengusir hewan pengerat dari rumah.

Anda hanya perlu meletakkan kulit durian di daerah yang kerap dilewati. Aroma menyengatnya dibenci  binatang ini. 

  1. Daun Sirsak

Daun Sirsak dapat digunakan sebagai salah satu cara ampuh mengusirnya karena terdapat zat perangsang yang mengeluarkan bau.

tikus fokusjabar.id
Daun Sirsak (foto web)

Anda perlu menghancurkan sobekan daun sirsak menjadi potongan-potongan kecil sebelum menaruhnya di area ruangan yang sering dilalui.

  1. Cengkeh

Meski Cengkeh menyimpan bau yang harum dan bisa menenangkan tubuh, aroma yang dikeluarkan cengkeh tetap tak disukai oleh hewan pengerat ini.

Cengkeh yang dapat digunakan sebagai salah satu cara mengusir harus cengkeh kering atau

yang dilapisi dengan bungkusan kain kasa.

  1. Cuka

tikus fokusjabar.id
Cuka (foto web)

Cuka putih yang biasa menjadi teman makan bakso kini punya manfaat lain sebagai salah satu cara mengusir tikus. Lumuri bola kapas dengan cuka dan simpan di sarang tikus. Semoga Bermanfaat!

(Bambang Fouristian/berbagai sumber)

Artikel Lainnya

spot_img