spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    DPRD: Labkes Jabar Harus Berstandar Internasional

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Komisi V DPRD Jawa Barat mendorong Labolatorium Kesehatan (Labkes) Jawa Barat menjadi tempat layanan masyarakat bertaraf internasional.

    Hal itu dinilai perlu untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, mengingat jumlah penduduk Jabar paling banyak.

    Anggota Komisi V DPRD Jabar Ade Kaca mengatakan bahwa dirinya sudah meninjau langsung kondisi Labkes Jabar di Jalan Sederhana, Kota Bandung.

    Saat itu, Ade banyak mendapat informasi dari Kepala TU Labkes Rasidin, Kasi Pelayanan Riyan Rustandi dan Kasi Mutu dan Pengembangan Rini Roniani.

    Ade mengatakan bahwa Labkes Jabar memiliki SDM dan peralatan yang unggul, hal itu terbukti dari kinerja yang baik dalam penanganan pandemi.

    “Kinerjanya terus meningkat selama pandemi ini. Semua sampel Covid-19 diuji dengan baik, akurat, dan cepat,” kata Ade di Bandung, Selasa (16/3/2021).

    Labkes
    DPRD Jabar Labkes Jabar Harus Berstandar Internasional

    BACA JUGA: Labkesda Jabar Klaim Mampu Periksa 1.200 Sampel COVID-19 Per Hari

    Pihaknya mendukung adanya proses migrasi status Labkes Jabar dari PTPD menjadi BLUD agar pelayanan lebih maksimal dengan keleluasaan pengelolaan anggaran untuk memenuhi standar pelayanan.

    “Bila perlu, Labkes ini kita bangun dengan standar internasional untuk memaksimalkan pelayanan, mulai dari standar gedung, alkes, SDM hingga fasilitas lainnya. Saya sudah melihat langsung beberapa fasilitas laboratorium,” kata dia.

    Pihaknya juga akan mendukung pemenuhan hal-hal yang diperlukan untuk meningkatkan pelayanan Labkes Jabar.

    “Kami akan dukung terus Labkes Jabar agar bisa meningkatkan pelayanan secara maksimal. Kami juga akan berkoordinasi dengan Banggar DPRD agar memberikan dukungan anggaran yang maksimal,” kata dia.

    Sementara itu, Kepala TU Labkes Rasidin mengatakan, Labkes Jabar saat ini terus berbenah guna meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

    Dia mengakui, sejak awal adanya pandemi Covid-19, jajarannya harus ekstra kerja dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

    “Alhamdulillah, seperti telah disampaikan Bapak Gubernur Ridwan Kamil beberapa waktu lalu, Pemprov Jabar terus menggenjot kinerja Labkes. Dan saat ini kita sudah mampu melakukan tes Covid-19 sekitar 1.200 orang per hari, Labkes juga terus meningkatkan pelayanan kesehatan lainnya yang menjadi tugas pokok kami,” kata Rasidin.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img