spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Lestarikan Hutan, DPRD Ciamis Tanam 1.000 Pohon di Gunung Bangka

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Ketua DPRD Ciamis Jawa Barat (Jabar), Nanang Permana dan Anggota DPRD dari Komisi D bersama masyarakat menanam pohon di Gunung Bangka, Kecamatan Sindangkasih, Senin (15/3/2021). 

    Menurut Ketua DPRD Ciamis, kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya melestarikan alam lingkungan hutan di wilayah Gunung Bangka.

    “Ada 1000 pohon (Aren, Kemiri dan Picung) yang ditanam di Gunung Bangka,” kata Ketua DPRD Ciamis. 

    BACA JUGA: Sri Lanka Bakal Tutup Sekolah Islam dan Larang Burqa, MUI Geram

    Nanang Permana mengatakan, selain Gerakan Nasional Penyelamatan (GNP) hutan juga pihaknya melakukan gerakan menanam padi. 

    “Apapun nama gerakannya ada manfaat bagi masyarakat, lingkungan dan generasi selanjutnya. Sebab tidak mungkin bisa selamat jika lingkungan, habitat dan ekosistemnya tidak selamat,” ucapnya.

    Nanang melanjutkan, menanam pohon juga untuk menjaga air. Sebab, saat ini harganya Rp5 ribu per 600 mili liter. Kalau satu liter saja sudah melebihi harga solar.

    “Artinya air sudah lebih mahal daripada minyak solar,” jelasnya.

    Nanang menjelaskan, jika sumber air tidak dijaga, hutan tidak dipelihara untuk menjadi Rimba Raya maka 10-20 tahun ke depan akan kesulitan air.

    “Jika sulit air, tidak menutup kemungkinan di antara kita akan saling membunuh demi setetes air,” katanya.

    Supaya hal itu tidak terjadi, Dia mengajak semua kalangan menanam pohon agar rimba raya tetap menjadi bank air. 

    Nanang mengatakan, manfaat hutan jangan diukur dari nilai rupiah yang didapat dari hutan itu, tetapi diukur dari seberapa banyak dan seberapa mudah mengakses sumber air dan oksigen untuk kehidupan (pertanian, perikanan). 

    (Husen Maharaja/Bambang)

    Berita Terbaru

    spot_img