spot_img
Selasa 16 April 2024
spot_img
More

    Rawa Tempat Ritual Bugil Kelompok ‘Hakekok’

    PANDEGLANG,FOKUSJabar.id: Penampakan rawa tempat Ritual bugil yang dilakoni pengikut kelompok ‘Hakekok Balakasuta’ yang menggegerkan warga Karang Bolong, Pandeglang, Banten Jawa Barat.

    Seperti dilansir Detiknews Pantauan di lokasi, Sabtu (13/3/2021), rawa tersebut berukuran sekitar 50×50 meter.

    Rawa ini memang difungsikan oleh pabrik sawit di Cigeulis sebagai tempat penampungan air. Tak ada aktivitas apapun di sana, bahkan warga setempat jarang menggunakannya walau hanya untuk sekedar memancing ikan.

    Warga setempat Arif mengatakan, tempat ini tidak pernah dipakai, bahkan ikannya juga enggak ada. Memang kolam ini mah sudah ada semenjak ada pabrik sawit di sini.

    BACA JUGA: Geger! 16 Orang Bugil di Rawa Pandeglang, Polisi Ambil Tindakan

    Di sekitar area, hanya terdapat sebuah bangunan untuk menyimpan mesin pompa air. Sedangkan sisanya, dibiarkan terbuka dan dipenuhi oleh rerumputan liar yang terlihat hampir memenuhi tinggi orang dewasa.

    Untuk menuju lokasi rawa yang dijadikan tempat ritual bugil pengikut kelompok ‘Hakekok Balakasuta’ kita mesti menempuh perjalanan tak lebih dari 15 menit dari jalan utama yang menghubungkan jalur Tanjung Lesung-Sumur di Cigeulis.

    Rawa tersebut berada di penghujung jalan menuju pabrik sawit yang hanya berjarak sekitar 500 meter dari jalan raya.

    FOKUSJabar.id Rawa
    Rawa Tempat Ritual Bugil Pengikut Hakekok Balakasuta. ( Web )

    “Kolam ini kelihatan jelas sebenarnya kalau dari jalan. Cuma, mereka yang mandi ini enggak ketahuan karena pas lagi hari libur. Jadi, aktivitas di pabrik waktu itu juga enggak banyak orang,” ujar Arip.

    Kelompok ritual bugil dengan ajaran ‘Hakekok Balakasuta’ ini diketahui berangkat dari arah pemukiman mereka, yang berada tepat dibelakang lokasi pabrik sawit.

    Jarak menuju rawa pun terbilang tidak terlalu jauh, hanya saja kendaraan yang bisa melintas terbatas karena medan jalannya yang dipenuhi tanah dan harus melewati area perkebunan.

    Di lokasi rawa, kelompok ‘Hakekok’ ini diketahui sengaja mengadakan ritual bugil. Selain tak terlihat jelas dari arah jalan, rerumputan liar juga banyak yang tumbuh tinggi sehingga bisa menutupi kegiatan mereka dari kecurigaan warga.

    “Enggak kelihatan emang kalau sepintas doang. Makanya, waktu itu pas ada yang lihat langsung divideoin, soalnya di sini waktu itu enggak banyakan,” ujar Arip.

    Polisi mengamankan 16 warga yang tepergok melakukan ritual bugil. Kelompok ‘Hakekok’ ini diamankan karena diduga merupakan bagian dari aliran sesat.

    ( Nendy )

    Berita Terbaru

    spot_img