spot_img
Selasa 18 Juni 2024
spot_img
More

    Tetap Beroperasi saat Pandemi, Bus Gatrik Ciamis Sepi Penumpang

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Meski ditengah pandemi Covid-19, bus Galuh Tour Kota Klasik (Gatrik) masih melayani pengunjung yang ingin berkeliling ke berbagai destinasi wisata di Kabupaten Ciamis. Penerapan protokol kesehatan pun menjadi hal yang wajib dilakukan.

    Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Ciamis, Endang Haris Juandana mengatakan, dimasa pandemi Covid-19, bus wisata Gatrik masih melayani dengan pembatasan penumpang dan rute perjalanan.

    “Kalau untuk City Tour, kita saat ini belum bisa melayani. Ciamis itu zonasi Covid-19 masih merah jadi tidak operasional dulu. Namun, untuk yang lain masih bisa,” kata Endang, Selasa (9/3/2021).

    Meskipun masih melayani, lanjut dia, namun penumpang bus Gatrik hampir tidak ada sama sekali. Kondisi ini sebagai dampak dari pandemi Covid-19.

    Untuk itu, pihaknya terus berupaya agar masyarakat tetap aman menggunakan Gatrik untuk berkunjung ke destinasi wisata Ciamis.

    “Paling kita batasi jumlah penumpang jadi setengahnya. Kemudian melihat situasi dan kondisi daerah tempat wisata yang ingin dituju pengunjung. Apakah zona merah atau hijau, kalau merah lebih baik batal atau dialihkan ke daerah lain,” kata dia.

    BACA JUGA: Jelang KBM Tatap Muka, Disdik Ajukan 33.806 Guru Divaksin Covid-19

    Dimasa pandemi Covid-19 ini, bus Gatrik Ciamis pun jarang beroperasi keluar daerah dan City Tour. Pasalnya, pihaknya tidak mau mengambil resiko jika terjadi klaster.

    “Memang dimasa pandemi ini banyak masyarakat jenuh diam dirumah terus. Karena itu, jika ingin pergi berlibur jangan jauh-jauh, di Ciamis aja tapi tetap mematuhi protokol kesehatan,” Endang menegaskan.

    Endang berharap, pandemi Covid-19 segera berakhir sehingga pariwisata Ciamis bisa kembali optimal dan dapat dinikmati masyarakat.

    “Mudah-mudahan dengan vaksinasi Covid-19 ini sebagai upaya kita berikhtiar memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” kata dia.

    (Riza M Irfansyah/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img