spot_img
Senin 19 April 2021
spot_img
spot_img

Bandara Husein Sastranegara Bandung Harus Waspada Hindari Covid-19 B117

BANDUNG,FOKUSJabar.co.id: Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengumumkan, penemuan dua kasus varian baru Covid-19 B117 dari Inggris sudah masuk ke Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Executive General Manager Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung, R Iwan Winaya Mahdar mengatakan, pihaknya memastikan bahwa pengawasan dan pengecekan calon penumpang tetap dilakukan secara ketat.‎

‎”Tanpa varian baru Covid-19 B117, kita sampai saat ini masih melakukan pencegahan yang luar biasa, jadi konsistensi dan disiplin terhadap 3 M. Fasilitas kita ada thermal scan, marka distancing, ada hadsanitizer, medis, semuanya kita siapkan termasuk petugas yang menggunakan APD lengkap,” kata Iwan di Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung, Jabar Jumat (5/3/2021).

BACA JUGA: Varian Baru Covid-19 B117 Masuk Jabar Warga Diminta Tenang

Menurutnya, sampai saat ini pihaknya belum menerima regulasi baru terkait pencegahan virus Corona B117. Saat ini kata dia, aturan penerbangan di Bandara Husein Sastranegara masih menggunakan regulasi Surat Edaran Nomor 21 Tahun 2021 dari Dirjen Perhubungan Udara serta regulasi dari Satgas Penangan Covid-19.‎
‎‎
“Terkait dengan virus, regulasi masih berlaku sampai sekarang, seperti SE Nomor 21 Tahun 2021 dari Dirjen Perhubungan Udara, kemudian SE dari satgas terkait dengan regulasi perjalan orang baik dalam maupun luar negeri yang harus memenuhi persyaratan-persyaratan. Nah, untuk varian virus baru sampai sekarang kita masih menunggu regulasi, kita masih menggunakan aturan SE yang lama,” kata dia.

Iwan menegaskan bahwa pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk melakukan pengecekan dan menentukan bahwa calon penumpang positif Covid-19, namun hanya sebatas memeriksa dokumen kesehatan calon pemumpang.

“Alhamdulilah sampai saat ini tidak ada temuan, Sekali lagi ini bukan kewenangan kami, di sini hanya sebatas memverifikasi dokumen kesehatan, kalau positif pasti tidak bisa terbang, Tapi untuk melihat yang positif varian baru atau bukan kita tidak sampai ke sana,” katanya.

(Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

Artikel Lainnya

spot_img