spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Vaksin Tahap dua, 36 Lansia di Bandung Jalani Vaksinasi Covid-19

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sebanyak 36 lanjut usia (lansia) telah mengikuti proses vaksinasi Covid-19 perdana tahap kedua di RS Al Islam Kota Bandung Jumat (26/2/2021). Mereka yang terpilih, telah lolos tahap verifikasi.

    Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Rosye Arosdiani mengatakan, proses vaksinasi tahap kedua dilaksanakan di 184 fasilitas kesehatan.

    “Hari ini adalah pelaksanaan perdana untuk vaksinasi di Kota Bandung. Salah satunya di RS Al-Islam. Alhamdulilah baru ada 36 lansia yang terverifikasi,” kata Rosye di RS Al-Islam Kota Bandung Jabar Jumat (26/2/2021).

    Menurutnya, Dinkes Kota Bandung menyediakan 184 fasilitas kesehatan untuk pelaksanaan vaksinasi tahap dua. Fasilitas tersebut tersebar di seluruh Kota Bandung.

    BACA JUGA: Putus Penyebaran Covid-19, Tim Velox BIN Sosialisasi di SMA 17 Kota Bandung

    “Kita menyebar di seluruh faskes, 184 faskes vaksinasi di Kota Bandung. Tapi untuk lansia itu, memang tidak bisa di mana saja. Tentunya kami harus memastikan fasilitas yang aman untuk gawat darurat,” kata.

    Meski begitu, pada vaksinasi tahap dua ini, kata dia, proses vaksinasi belum dapat dilaksanakan di seluruh faskes. Pasalnya, masih ada sejumlah faskes yang masih melakukan tahap verifikasi data.

    “Ada beberapa fasilitas lain yang sudah mulai,ada juga yang masih melakukan verifikasi data, saya sendiri belum bisa memastikan di RS mana saja, tapi vaksin sudah terdistribusi,” kata Rosye.

    Rosye menambahkan, khusus para lansia yang ingin mendaftar vaksinasi harus memastikan semua data dapat diverifikasi. Pasalnya, verifikator akan melakukan proses verifikasi jarak jauh terlebih dahulu untuk memastikan kesiapan peserta vaksin.

    “Masyarakat harus memastikan nomor ponselnya aktif. Kemudiaan RS AL-Islam melakukan screening by phone untuk memastikan apakah memungkinkan atau tidak, dan harus jujur,” katanya.

    (Yusuf Mugni)

    Berita Terbaru

    spot_img