spot_img
Kamis 9 Mei 2024
spot_img
More

    Politisi Gerinda Kritisi Pemkot Tasikmalaya Terkait Peningkatan Ekonomi

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Ketua DPC Gerindra Kota Tasikmalaya Nandang Suryana menilai, program kerja yang dilaksanakan Pemerintah Kota Tasikmalaya sejauh ini kurang berpihak kepada masyarakat.

    Kebijakan pembangunan dengan hanya fokus peningkatan infrastruktur itu memang penting, namun hanya dirasakan oleh segelintir masyarakat saja, tapi yang lebih penting harusnya lebih fokus upaya peningkatan perekonomian masyarakat.

    “Kita tidak menyayangkan pemerintah fokus membenahi infrastruktur, tapi saat ini yang sangat dibutuhkan masyarakat yakni bagaimana sektor ekonomi masyarakat bisa lebih baik sehingga mampu lebih sejahtera,” kata Nandang Selasa (16/02/2021).

    Kata dia, banyak langkah yang seharusnya bisa dilakukan Wali Kota maupun Wakil Wali Kota Tasikmalaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat salah satunya pemberdayaan petani dan berdayakan UMKM.

    BACA JUGA: Ratusan Santri Ponpes Benda Tasikmalaya Terkonfirmasi Positif Covid-19

    “Petani ini berkontribusi penting untuk meningkatkan ekonomi masyarakat termasuk pelaku-pelaku usaha kecil mikro menjadi sektor penting pendapatan masyarakat,” katanya.

    Menurutnya, langkah Pemkot Tasikmalaya tidak mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena terlihat hanya fokus membangun infrastruktur, namun lupa akan pemberdayaan ekonomi.

    “Hal ini menyebabkan Kota Tasikmalaya masih menjadi daerah termiskin di Jawa Barat, ini artinya pembangunan infrastruktur tidak berdampak terhadap kesejahteraan warganya,” katanya.

    Lanjut Nandang, pemimpin Kota Tasikmalaya kedepannya, harus benar-benar memiliki jiwa dan komitmen untuk fokus memberdayakan ekonomi rakyat.

    “Saya inginkan siapa pun pemimpin kedepannya, harus fokus membangun simpul-simpul ekonomi, agar masyarakat Kota Tasikmalaya mampu bangkit dari keterpurukan ekonomi di tengah wabah pandemi Covid-19 sehingga Kota Tasikmalaya keluar dari status Kota termiskin di Jawa Barat,” kata dia.

    Praktisi ekonomi ini lebih lanjut mengatakan, berlarut-larutnya terpaan wabah pandemi Covid-19 ini, semakin membuat kehidupan ekonomi masyarakat terus terpuruk sehingga perlu langkah penanggulangan.

    “Masyarakat hari ini butuh langkah kongrit dari Pemimpin untuk memulihkan kehidupan masyarakat terutama ekonomi yang sedang menghadapi wabah, bukan hanya terus dan terus memberlakukan PSBB, PPKM dan Karantina Mikro atau pun sejenisnya yang tidak bisa menyelesaikan masalah,” kata dia.

    (Seda/Anthika Asmara)

     

    Berita Terbaru

    spot_img