spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    10 Tips Memilih Buah Durian Yang Bagus dan Nikmat

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Panen buah durian telah tiba, bulan Desember sampai Februari musimnya Durian. Durian yang mempunyai cangkang keras dan benjolan tajam yang menyerupai duri tersebut umumnya tumbuh di dataran tropis.

    Selain itu, buah yang memiliki julukan The King Of Fruit (raja dari segala buah) tersebut juga memiliki bau yang sangat khas, bagi penggemar durian mungkin mencium bau nya saja tentunya akan langsung menggugah selera.

    buah durian
    The King of Fruit (Web)

    Namun, tentunya setiap pembeli durian menginginkan kualitas buah yang bagus untuk dikonsumsi. Nah, bagi yang ingin menikmati durian, tentunya harus mengetahui beberapa ciri dari durian yang memiliki rasa yang enak dan kualitas bagus.

    Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah cara mengetahui dan memilih durian yang enak dan memiliki kualitas yang baik.

    Baca Juga: 7 Manfaat dan 11 Jenis Lidah Mertua

    Memilih Buah durian yang enak dan berkualitas:

    1. Memiliki Bentuk Yang Bulat

    durian
    Buah Durian bulat (Web)

    Pilihlah durian yang memiliki bentuk bulat jika ingin mendapatkan durian yang berisi banyak dan dagingnya berwarna kuning.

    Menurut para penjual durian, durian yang memiliki bentuk lonjong cenderung memiliki isi buah yang sedikit dan memiliki daging yang tipis.

    Maka dari itu bagi para penikmat durian sangat direkomendasikan memilih durian yang memiliki bentuk bulat.

    2. Berat Durian

    durian
    Timbangan (Web)

    Mungkin sebagian pembeli durian akan berfikir jika membeli durian yang berbobot berat akan mendapatkan isi buah yang banyak.

    Tetapi hal tersebut berbanding 180 derajat dengan fakta yang terjadi, faktanya yaitu pilihlah  durian yang berbobot ringan jika menginginkan kualitas durian yang baik.

    Karena, jika durian tersebut berbobot berat bisa dipastikan daging yang terdapat dalam durian tersebut sedikit. Dengan kata lain durian tersebut berat karena biji nya besar dan dagingnya tipis.

    Sementara itu, jika durian tersebut berbobot ringan bisa dipastikan durian tersebut memiliki buah yang banyak dan daging yang tebal.

    3. Tangkai Durian

    durian
    Durian tangkai pendek (web)

    Mungkin terdengar aneh, namun tahukan cara menentukan durian yang sudah matang dan yang masih mentah itu bisa ditilik dari tangkainya.

    Menurut para pedagang durian, tangkai durian yang pendek dan juga tebal bisa dipastikan memiliki daging yang tebal dan memiliki buah yang banyak. Berbanding sebaliknya, jika tangkainya panjang dan ramping durian tersebut memiliki daging yang tipis (sedikit) dan buahnya tipis.

    Mungkin tips sederhana diatas tidak banyak disadari oleh pembeli durian. Maka mulai sekarang cobalah perhatikan tangkai buah nya jika menginginkan kualitas durian yang bagus.

    Baca Juga: Asek! 5 Merek Ramen Korea Instan yang Sudah Halal MUI

    4. Ketuk Buah Durian

    durian
    Seorang pedagang saat mengetuk durian (Web)

    Untuk mengetahui durian tersebut sudah matang atau belum, bisa dilakukan dengan cara mengetuk kulit bagian luarnya, namun jangan diketuk pakai tangan ya. Bisa diketuk menggunakan pisau atau alat yang lainnya.

    Sering kita jumpai para pedagang durian yang mengetuk ngetuk duriannya sebelum dijual ke pembeli. Nah, hal tersebut biasanya dilakukan guna mengetahui buah mana yang sudah matang dan yang belum matang.

    Bila durian sudah matang, maka bunyi yang dikeluarkan dari ketukan tersebut akan terdengar seperti suara gelembung didalam air “bluk bluk”.

    Tetapi jika bunyi yang dikeluarkan dari ketukan tersebut terdengar seperti rongga (bambu yang tak berisi) menandakan bahwa durian tersebut sudah tak layak dalam artian sudah tidak segar lagi.

    5. Amati Bentuk Durinya

    durian
    Buah Durian duri pendek (Web)

    Cara selanjutnya jika menginginkan durian dengan kualitas yang bagus dan tentunya sudah matang bisa dilihat dari bentuk durinya.

    Jika menginginkan durian yang sudah matang dan memiliki kualitas yang bagus maka cermatilah bentuk dari duri durian yang hendak dibeli, duri yang pendek dan tidak terlalu rapat menandakan bahwa durian tersebut memiliki rasa yang manis.

    Namun, jika duri durian tersebut panjang dan rapat bisa dipastikan durian tersebut memiliki daging yang sedikit dan kurang manis.

    6. Mencium Aroma Buah Durian

    durian
    Mencium buah Durian (Web)

    Cara ini bisa kita terapkan sebelum memilih atau membeli buah durian. Aroma yang dikeluarkan buah durian bisa menjadi penentu dari kualitas durian.

    Umumnya durian yang memiliki aroma harum memiliki yang tebal dan juga manis.

    Banyak para pembeli buah durian yang mencium aromanya terlebih dahulu ketika hendak membeli durian.

    Durian memang terkenal dengan aromanya yang begitu kuat. Maka dari itu kita tidak perlu membelah cangkangnya untuk bisa mencium aromanya.

    Cukup cium aromanya dibagian luar durian (kulit durian) untuk mengetahui kualitas dari buah durian tersebut.

    Durian yang memiliki kualitas yang baik akan mengeluarkan aroma yang bagus dan sangat khas walaupun belum di kuliti.

    Selain itu, jika durian tersebut beraroma wangi maka bisa dipastikan durian tersebut memiliki daging yang tebal dan rasanya manis.

    Tapi sebaliknya jika baunya kurang wangi, itu menjadi pertanda bahwa durian tersebut belum matang.

    7. Amati bagian atas buah durian

    durian
    Tangkai Durian yang masih bergetah (Web)

    Jika hendak membeli durian, alangkah baiknya kita amati dulu bagian atas dari buah durian. Amati dan cek bagian atasnya, jika tangkai dari buah durian tersebut memiliki getah di bagian atasnya maka itu menjadi pertanda bahwa durian tersebut masih segar dan baru dipetik dari pohon.

    Namun sebaliknya jika tangkai durian tersebut kering atau tak bergetah, durian tersebut sudah lama diambil dari pohon dan tentunya sudah tidak segar.

    Baca Juga: 6 Cara Merawat Mawar agar Cepat Berbunga

    8. Kulit Durian

    durian
    Buah Durian yang sudah dikupas (Web)

    Akan sering kita jumpai jika mampir ke tempat penjualan durian, kita akan menemukan durian yang sudah dikupas sebagian, hal itu dilakukan untuk meyakinkan para pembeli bahwa durian yang dijual memiliki kualitas yang bagus.

    Namun sayangnya banyak pembeli yang tergiur dan lebih membeli durian yang sudah dikupas sebagian tersebut, dengan alasan sudah melihat warna dagingnya.

    Lalu apakah dengan membeli durian yang sudah dikupas sebagian dapat menentukan Bahwa durian tersebut memiliki kualitas yang bagus? Percayalah durian yang sudah dikupas sebagian, dagingnya tidak akan semanis durian yang masih tertutup rapat.

    Faktanya, jika kulit durian sudah dibuka dan dibiarkan, secara tidak langsung akan membuat daging yang ada di dalam nya terkena angin hal tersebut dapat menyebabkan sari dari durian hilang dan rasanya menjadi hambar. Alangkah lebih baiknya membeli durian yang masih tertutup rapat.

    9. Warna Durian

    durian
    Tiga warna buah durian hijau, cokelat dan kuning (Web)

    Jika kita hendak membeli buah durian sangat disarankan mengabaikan warna dari buah yang hendak kita beli. Pasalnya, warna cangkang durian tidak akan mempengaruhi rasa dari buah durian.

    Ada beberapa warna buah durian yang sering kita jumpai mulai dari warna Cokelat, Hijau, dan Kuning. Kulit yang berwarna Cokelat biasanya menandakan durian tersebut sudah sangat matang.

    Kulit durian yang berwarna hijau biasanya identik dengan durian yang belum matang, tapi tak selamanya buah durian yang berwarna hijau tersebut belum matang. Pada intinya, warna dari cangkang kulit durian tidak bisa dijadikan sebagai patokan dari kualitas daging buah durian.

    10. Beli Durian di Musim Panas

    durian
    Buah durian (Web)

    Perlu diketahui, kondisi cuaca pada saat musim panen durian juga bisa mempengaruhi kualitas buahnya.

    Maka dari itu sangat disarankan membeli durian pada saat musim kemarau karena daging yang dihasilkan akan memiliki rasa yang manis.

    Baca Juga: 3 Cara Merawat Tanaman Hias Dimusim Penghujan

    Tapi, jika kita membeli durian saat musim penghujan, kualitas durian yang akan kita terima tidak akan sebaik durian yang dibeli pada saat musim kemarau. Pasalnya, durian yang dipanen saat musim hujan, akan menghasilkan rasa daging durian yang kurang manis dan hambar.

    Nah, itulah beberapa tips memilih buah durian yang memiliki kualitas bagus. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan seputar buah durian, dan tentunya semoga bermanfaat.

    (Fauza/Erwin) dari berbagai sumber

    Berita Terbaru

    spot_img