spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Situ Bojongmengger Ciamis Dihuni Mahluk Gaib Berupa Ikan Gabus Besar

    CIAMIS,FOKUSJabar.Id: Situ Bojongmengger yang berada dibelakang kantor Desa Bojongmengger Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis Jabar konon dihuni oleh mahluk ghaib yang bernama Abah Bapang.

    Keberadaan mahluk ghaib yang bernama Abah Bapang dipercayai masyarakat sekitar sebagai penunggu Situ Bojongmengger tersebut diceritakan turun-temurun oleh warga disekitar lokasi Situ.

    Konon saat muncul penampakan mahluk gaib penunggu Situ Bojongmengger tersebut menyerupai ikan Gabus sebesar balita berumur 5 tahunan.

    “Saya mendapat cerita ini dari orangtua dan orangtua saya juga mendapat cerita dari orangtuanya, ” kata Lili warga Bojongmengger.

    BACA JUGA: Di Ciamis, Jalan Penghubung Cimaragas- Cidolog 4 Kali Amblas

    Lili menuturkan, pantangan bagi warga dilokasi sekitar Situ Bojongmengger agar Abah Bapang tidak murka harus selalu berlaku sopan jangan sombong.

    “Di lingkungan Situ Bojongmengger tidak boleh berteriak-teriak keras dan bikin gaduh serta keramaian, ” katanya.

    FOKUSJabar.id Ciamis
    Lingkungan Situ Bojongmengger yang menyimpan cerita mistik. ( FOKUSJabar/Husen Maharaja )

    Lili mengatakan, selain pantangan jangan membuat keramaian di lingkungan Situ Bojongmengger juga masyarakat yang datang ke lokasi tersebut jangan sembarangan mengambil sesuatu tanpa pamit terlebih dahulu.

    “Kalau mau mengambil ikan dari Situ Bojongmengger maupun kayu bakar di lingkungan Situ harus pamit kalau tidak akan mengalami karma yang menimpa ke orang itu,” kata dia.

    Lili menceritakan kejadian keanehan, saat proses pengerukan Situ Bojongmengger oleh Dinas terkait (BBWS) beberapa waktu yang lalu. Pihaknya telah memberitahukan agar sebelum melakukan pengerjaan dimulai harus melaksanakan hajat dulu (Izin) agar pekerjaan tidak ada kendala apapun.

    “Namun sayang pekerja yang akan melakukan pengerukan tidak menuruti anjuran kami sehingga terjadi kejadian aneh, Excavator yang digunakan tercebur ke dalam Situ Bojongmengger sehingga untuk mengangkatnya kedaratan harus mengeluarkan biaya Rp 100 juta,” katanya.

    (Husen Maharaja/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img