Minggu 17 Januari 2021

15 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Anda

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Jeruk Nipis (Lat Citrus aurantifolia) tersebar di Asia dan Amerika Tengah dikenal juga sebagai jeruk pecel. Pohonnya bisa mencapai tinggi 3-6 meter, bercabang banyak dan berduri, daun lonjong, tangkai daun bersayap kecil.

Perbungaan muncul dari ketiak daun dan bunga kecil, putih berbau harum. Buah bulat sampai bulat telur, berwarna hijau sampai kuning dan kulit buah tipis mengandung banyak minyak atsiri.

Daging buah Jeruk Nipis berwarna putih kehijauan, sangat asam, mengandung banyak vitamin C dan asam sitrat. Biji banyak, kecil, bersifat Poliembrioni.

BACA JUGA: 7 Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh

Di Indonesia dapat hidup di dataran rendah sampai ketinggian 1000 m dari permukaan laut. Tumbuh baik di tanah alkali, di tempat-tempat yang terkena sinar matahari langsung.

jeruk nipis fokusjabar.id
Jeruk Nipis (foto web)

Perbanyakan dengan biji, okulasi atau cangkok. Buah digunakan untuk membuat minuman, obat batuk dan penyedap masakan dan juga sering dipakai untuk menghilangkan karatan dan mencuci rambut

Ciri Jeruk Nipis:

  • Bentuknya bulat atau lonjong
  • Agak runcing di bagian pucuk buah
  • Berwarna hijau dan juga kekuningan
  • Kulit agak tebal dan sulit dibuka langsung
  • Memiliki daging tebal dan tidak serabut bagian dalam
  • Bijinya berbentuk bulat oval
  • Rasa asam

Jeruk Nipis tidak nikmat dikonsumsi secara langsung. Namun akan memberi kesegaran luar biasa bagi makanan maupun minuman berkat rasa asamnya yang khas.

Umumnya, dimanfaatkan sebagai bahan pelezat makanan (soto, sambal dan sebagainya). Selain itu, sangat nikmat jika diolah menjadi minuman dingin yang menyegarkan.

Tak hanya itu, buah ini dipercaya mampu mengatasi berbagai macam penyakit peradangan dan andalan dalam meredakan batuk. Membuatnya pun mudah, hanya dengan memanfaatkan air perasannya menjadi ramuan.

Kandungan Nutrisi Jeruk Nipis berukuran sedang:

  • Kalori: 20
  • Karbohidrat: 7 gram (g)
  • Protein: 0,5 g
  • Lemak: 0,1 g
  • Serat: 1,9 g
  • Vitamin C: 22% dari angka kecukupan gizi (AKG)
  • Zat besi: 2% AKG
  • Kalsium: 2% AKG
  • Vitamin B6: 2% AKG
  • Thiamin: 2% AKG
  • Potasium: 1% AKG
  • Riboflavin
  • Niacin
  • Folat
  • Fosfor
  • Magnesium

Sangat banyak sekali bukan kandungan nutrisi di dalamnya. Jadi tak heran jika buah ini sangat diandalkan dalam membuat ramuan obat tradisional.

Berikut manfaat Jeruk Nipis:

  1. Meningkatkan Imunitas

Manfaatnya yang paling terasa adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena memiliki banyak kandungan vitamin C alami yang mampu mendukung daya tahan tubuh dalam menangkal penyakit.

Dengan rutin mengonsumsi air jeruk nipis, tubuh akan lebih sehat dan bugar setiap hari, serta terhindar dari penyakit yang kapan saja mengancam kesehatan tubuh.

  1. Menangkal Kanker

Buah ini dipercaya untuk mencegah penyakit kanker karena memiliki kandungan liminoid yang berperan sebagai penangkal radikal bebas. Sehingga dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker seperti leukimia, kanker lambung dan kanker usus.

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Penelitian menunjukkan bahwa buah ini dapat mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung. Dengan vitamin C yang tinggi, buah ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, faktor risiko utama penyakit jantung.

jeruk nipis fokusjabar.id
(foto web)

Juga, vitamin C dapat melindungi dari aterosklerosis. Penyakit di mana plak menumpuk di pembuluh darah dalam tubuh, membuatnya menyempit dan menghambat peredaran darah.

  1. Menghindari Batu Ginjal

Batu ginjal adalah kristal mineral kecil yang menumpuk di dalam ginjal, sehingga menimbulkan rasa sakit saat kita buang air kecil.

Batu kristal mineral tersebut dapat terbentuk di dalam ginjal ketika urin sangat pekat atau ketika kita memiliki mineral pembentuk batu tingkat tinggi dalam urin, seperti kalsium.

Buah ini mengandung asam sitrat tinggi, yang dapat mencegah batu ginjal dengan meningkatkan kadar sitrat dan mengikat mineral pembentuk batu dalam urin.

  1. Meningkatkan Penyerapan Zat Besi

Zat besi adalah nutrisi penting yang dibutuhkan untuk membuat sel darah merah dan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh kita.

Kadar zat besi dalam darah yang rendah dapat menyebabkan anemia defisiensi besi. Dengan gejala seperti kelelahan, kesulitan bernapas selama berolahraga, pucat serta kulit dan rambut kering.

Orang yang menjalankan pola makan vegan atau vegetarian berisiko lebih besar mengalami anemia defisiensi zat besi, karena produk nabati mengandung bentuk zat besi yang tidak diserap dengan baik seperti zat besi dari daging dan produk hewani lainnya.

Nah, dengan makanan tinggi vitamin C dapat membantu mencegah anemia defisiensi besi dengan meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan nabati.

Sebuah penelitian pada orang yang mengikuti diet vegetarian menemukan bahwa minum segelas air jeruk nipis dan makanan nabati dapat meningkatkan penyerapan zat besi hingga 70 persen

  1. Melindungi Sel Tubuh dari Kerusakan

Kandungan dalam buah ini (flavonoid, lomonoid, qoercetin dan asam askorbat) sangat membantu dalam mempertahankan sel tubuh dari serangan radikal bebas yang dapat menimbulkan kerusakan karena merupakan sumber antioksidan tinggi.

Kerusakan sel tubuh sendiri sangat berkaitan dengan beberapa kondisi masalah kesehatan, seperti sakit jantung, diabetes dan beberapa jenis kanker.

  1. Membantu Membakar Lemak

Manfaat berikutnya untuk membantu pembakaran lemak dalam tubuh. Jeruk nipis mengandung asam sitrat (citric acid) yang merupakan zat antioksidan.

Asam sitrat tersebut dapat membantu meningkatkan metabolisme lemak dan mengubahnya menjadi energi.

Selain asam sitrat, vitamin C yang terkandung sangat membantu membakar lemak. Konsumsi jeruk nipis dan olahraga rutin supaya mendapat hasil yang maksimal.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Asam jeruk nipis bermanfaat membantu air liur memecah makanan agar makanan lebih mudah dicerna. Kandungan flavanoid-nya merangsang sistem sekresi pencernaan dan aktivitas usus, sehingga pencernaan menjadi lebih sehat dan lancar.

  1. Menyeimbangkan pH Tubuh

JUga memiliki manfaat untuk menyeimbangkan potensial hidrogen (pH) tubuh sebagai keseimbangan antara asam dan basa. Ini menjadi hal penting sebagai faktor penentu apakah tubuh kita sehat atau sakit.

  1. Mengoptimalkan Kinerja Otak

Buah ini memiliki kandungan magnesium dan potasium tinggi. JIka rutin mengonsumsi maka dapat membuat kinerja otak menjadi lebih optimal. Jeruk nipis juga bisa mencegah dehidrasi, sehingga meningkatkan fokus.

  1. Mencegah Penuan Dini

Memiliki kandungan yang dapat mendukung kesehatan kulit, menjaganya tetap kencang dan kuat. Sehingga membantu tetap awet muda.

Dengan kandungan vitamin C melimpah, mendukung protein kolagen dalam menghindari kerutan pada kulit.

Antioksidan dalam buah ini berperan memerangi perubahan bentuk kulit yang berkaitan dengan usia. Serta menghindari stres oksidatif yang menyebabkan tanda-tanda penuaan dini.

  1. Mengobati Peradangan pada Kulit

Selain menutrisi kulit dari dalam, buah ini juga efektif dalam mengatasi peradangan kulit yang diakibatkan oleh luka bakar atau gigitan serangga. Sehingga mengurangi bengkak dan rasa sakit dari luka tersebut.

Juga bermanfat untuk mengurani jerawat maupun komedo, sehingga kulitmu menjadi lebih segar dan sehat.

  1. Menurunkan Gula Darah

Menurut beberapa penelitian, vitamin C dapat membantu menurunkan gula darah di pagi hari dan setelah makan. Termasuk kandungan vitamin C dalam jeruk nipis.

Kesimpulan menunjukkan bahwa vitamin C menawarkan potensi yang sangat baik untuk menjaga kadar gula darah dalam batas wajar.

  1. Memberantas Pertumbuhan Kuman

Studi menyebutkan bahwa kandungan limonin yang ditemukan dalam jeruk nipis dapat membantu mencegah akumulasi bakteri Streptococcus.

Streptococcus adalah jenis bakteri yang bertanggung jawab untuk berbagai infeksi dan kondisi kesehatan, termasuk infeksi pernapasan dan mulut.

Minum air jeruk nipis dapat membantu menghentikan berkembangnya organisme berbahaya ini dan mencegah penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

  1. Memperkuat Sendi

Vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis juga berjasa dalam mendukung kesehatan sendi dan menjaganya tetap fleksibel. Kandungan jeruk nipis juga dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Semoga Bermanfaat.

(Bambang Fouristian/berbagai sumber)

Artikel Lainnya

15 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Anda 1
15 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Anda 2