spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Uji Sampel Swab Dibatasi, Tes Massal Covid-19 di Cianjur Terhambat

    CIANJUR,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat (Jabar) mengalami kendala melakukan test masif Covid-19 karena kuota sampel swab test dibatasi hanya 600 sample per minggu.

    Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Cianjur, Yusman Faisal mengatakan, kuota swab test Cianjur ke Labkesda Jabar semula bisa mencapai 1.300-1.500 sample per minggu. Namun sejak pekan lalu kuotanya terbatas. Yakni hanya 600 sample per minggu, dilansir dari detikcom.

    “Sejak pekan lalu dibatasi, turun setengahnya. Informasinya karena di Labkesda juga banyak yang terpapar, sehingga tidak bisa menguji banyak sampel swab test,” kata Yusman, Rabu (23/12/2020).

    Menurutnya pembatasan tersebut membuat kesulitan melakukan test masif untuk mendeteksi penyebaran Covid-19. Terlebih pascaterkonfirmasinya pasien di salah satu instansi.

    BACA JUGA: Ini Respons Keras Laskar FPI Cianjur Soal Penurunan Baliho Habib Rizieq

    Yusman mengaku sudah sempat mencoba mengirim sample meski kuota sudah habis. Namun sample tersebut malah dikembalikan.

    “Mau dipaksakan juga tidak mungkin, pasti dikembalikan dari sananya. Makanya sekarang sampel di Dinkes sudah numpuk, mencapai ratusan sample. Kemungkinan dikirim minggu depan, di kuota berikutnya,” ucap dia.

    Ia mengatakan, adanya pembatasan tersebut membuat gugus tugas menunda sementara agenda test massal di sejumlah dinas.

    “Kemarin Dindikbud minta. Tapi kami tunda, karena kuotanya terbatas. Daripada nanti tersimpan lama, lebih baik sampel baru langsung dikirim,” kata dia.

    Yusman menambahkan, kendala itu juga berpotensi menjadi zona orange. Mengingat test masif menjadi salah satu indikator penting dalam penentuan zona.

    “Kalau testnya terkendala, secara otomatis ada penilaian yang kurang dan berpotensi jadi zona orange. Bahkan jika nanti sudah ditambah lagi kuotanya dan ternyata terjadi lonjakan, bukan hanya orange tapi bisa jadi zona merah,” pungkasnya.

    (Nendy)

    Berita Terbaru

    spot_img