spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Hadiri Launching Buku Galuh dari Masa ke Masa, Ini Kata Bupati Ciamis

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Bupati Ciamis, Jawa Barat (Jabar), Herdiat Sunarya menghadiri peluncuran buku Galuh dari masa ke masa yang disusun oleh 10 tim akademisi para ahli dan budayawan yang diketuai oleh Guru Besar Universitas Padjadjaran, Prof. Nina Herlina bertempat di Aula Setda setempat, Selasa (22/12/2020).

    Bupati Ciamis mengapresiasi kepada seluruh penyusun buku tersebut. Pasalnya, penyusunan buku tersebut memakan waktu yang tidak singkat.

    “Saya sebagai warga Tatar Galuh sangat bangga dengan peluncuran buku ini. Beberapa waktu lalu sempat ada yang mencoba merubah sejarah Tatar Galuh, dengan diluncurkannya buku ini, tidak akan ada lagi yang merubah sejarah Galuh,” katanya.

    Herdiat menyampaikan, hadirnya buku tersebut bisa menjadi referensi edukasi bagi masyarakat Ciamis, mengingat di jaman sekarang sudah banyak yang lupa akan budaya dan sejarah Tatar Galuh.

    BACA JUGA: Peduli Galuh, Hendra Marcusi Berterima Kasih Kepada Bupati Ciamis

    “Saya sangat berharap dengan adanya buku ini generasi mendatang bisa mengetahui dan mempelajari bahwa Tatar Galuh itu pernah ada, dan tidak melupakan sejarah dari para leluhurnya,” kata Bupati.

    Buku tersebut rencananya akan dibagikan ke seluruh tingkatan sekolah yang ada di Kabupaten Ciamis. Mulai dari tingkat SD, SMP, dan SLTA. Tujuannya, untuk menyongsong generasi muda yang tidak lupa akan sejarah.

    FOKUSJabar.id Buku Galuh
    Launching Buku Galuh Dari Masa ke Masa. ( FOKUSJabar/Fauza )

    Ketua Penyusun buku, Nina Herlina mengatakan, penerbitan buku ‘Galuh dari masa ke masa’ merupakan gagasan dari Bupati Ciamis yang sudah direncanakan sebelumnya.

    “Waktu itu dalam acara Sarasehan, Pak Herdiat pernah membicarakan mengenai penyusunan buku ini. Dan Alhamdulillah sekarang sudah terwujud,” ucapnya.

    Terkait peluncuran buku Galuh dari masa ke masa, Kepala Disbudpora Kabupaten Ciamis, Erwan mengatakan, ini sangat penting sebagai ajang promosi potensi budaya yang ada.

    “Ini merupakan langkah awal yang sangat baik untuk mengenalkan sejarah Galuh, yang tentunya bisa menjadi referensi bagi para wisatawan yang mau berkunjung ke Ciamis,” tutupnya.

    (Fauza/Bambang)

    Berita Terbaru

    spot_img