spot_img
Senin 20 Mei 2024
spot_img
More

    Olahraga Paralayang Segera Dibuka di Ciamis

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Dalam waktu dekat, wisata Olahraga Paralayang Bukit Pangangonan, Kabupaten Ciamis Jawa Barat (Jabar) segera dibuka. Saat ini lokasi tersebut masih dalam tahap uji coba dan sosialisasi.

    Lokasi wisata Paralayang tersebut berlokasi di Dusun Baros, Desa Ciomas, Kecamatan Panjalu-Ciamis. Kondisinya sangar cocok untuk tempat wisata karena didukung kondisi alam yang asri.

    Pemkab Ciamis melalui Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) melakukan sosialisasi dan menyiapkan instruktur untuk Cabang Olahraga (Cabor) tersebut. 

    BACA JUGA: Kota Bogor Siap Jadi Tuan Rumah Porprov XV Jabar 2026

    “Awal membuat olahraga rekreasi ini karena Ciamis dianugerahi alam yang luar biasa, punya irisan kuat dengan pariwisata. Sehingga kita memutuskan untuk membuatnya,” kata Kadisbudpora Ciamis, Erwan Darmawan di Turis Informasi Center (TIS) Ciamis. 

    Dalam pengembangan olahraga Paralayang, ada tiga instansi yang terlibat. Disbudpora untuk olahraga rekreasi, Dinas Pariwisata dan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Ciamis dari sisi pariwisatanya.

    “Tapi tentunya pengembangan wisata ini tidak mengeksploitasi alam. Tapi lebih kepada menjaga alam. Saat ini masih tahap sosialisasi dan uji coba. Setelah siap tentunya bisa dibuka untuk umum,” jelasnya.

    Sekda Ciamis, Tatang mengapresiasi langkah/terobosan Disbudpora, Dinas Pariwisata dan BPPD dengan membuka olahraga rekreasi Paralayang tersebut. 

    “Tentunya ini dapat meningkatkan kunjungan wisata. Dengan sebuah event Paralayang dapat menarik wisatawan dan jadi tontonan masyarakat,” katanya. 

    Dengan kunjungan wisata, tentu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan bisa memberdayakan masyarakat sekitar.

    “Dunia olahraga saat ini tidak lepas dunia industri barang dan jasa. Dengan pengembangan Paralayang, membuka peluang lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat dan industri lainnya,” pungkasnya. 

    (Riza M Irfansyah/Bambang)

    Berita Terbaru

    spot_img